Gempa Bumi merupakan bencana alam yang sifatnya merusak, Indonesia memiliki wilayah yang rawan terkena bencana gempa. Tanggal 18 Juni 2024 Bumi pertiwi kembali di landa bencana.

Gempa-Bumi!!-Terjadi-3-Kali-Getaran-Di-Dua-Wilayah

Indonesia kembali di landa Gempa. Yang pertama terjadi getaran pada pagi hari di jam 06:30:27 WIB, di daerah lombok utara, Provinsi  NTB (Nusa Tenggara Barat). Pusat gempanya berada di laut 8 km barat laut lombok utara. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat titik 8.35 LS atau lintang selatan dan 116.08 BT atau bujur timur,  Lindu ini memiliki kekuatan magnitudo sebesar 3.5 dengan kedalaman 14 km. LIndu di rasakan Modified Mercalli Intensity (MMI) II wilayah Lombok Utara

Kemudian di jam 10:43:35 WIB, gempa bumi terjadi lagi di Indonesia bagian wilayah Cianjur, Provinsi jabar atau Jawa Barat. Gempa ini dilaporkan berkekuatan magnitudo 2,1 dengan kedalaman 11 kilometer. Lindu dirasakan Modified Mercalli Intensity (MMI ) II di wilayah Cianjur. Pusat gempa berada di darat 5 kilometer barat daya Cianjur. Episenter gempa berada pada koordinat titik 6.84 LS/Lintang Selatan dan 107.09 BT/Bujur Timur.

Yang ketiga terjadi lagi gempa susulan di jam 18:02:29 WIB namun dengan kekuatan magnitudo lebih kecil yakni 2.5 dan dalam kedalaman 7 km. Episenter gempa berada pada koordinat titik 6.88 LS/Lintang Selatan  dan 107.08 BT/Bujur Timur. Pusat gempa berada di darat 6 kilometer, barat daya Cianjur, Jawa Barat. gempa dirasakan Modified Mercalli Intensity (MMI)II di Cugenang.

Baca Juga: Polisi Tangkap Ayah Yang Gorok Anaknya Sendiri Hingga Tewas

Arti Gempa Bumi & Tanggap Bencana

Cara menghadapi bencana gempa bumi adalah dengan ketanggapan. Seperti contoh mengetahui prosedur keselamatan dan prosedur evakuasi ketika bencana datang. Gempa Bumi memiliki arti yang bermacam-macam, seperti contoh:

  • Merupakan getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi. sebabnya antara lain tumbukan lempeng bumi, patahan aktif, akitivitas gunung api atau runtuhan batuan.
  • Peristiwa bergetarnya bumi akibat pelepasan energi di dalam bumi yang secara tiba-tiba, ditandai dengan patahnya lapisan batuan pada kerak bumi.
  • Guncangan hebat dan tiba-tiba berasal dari tanah, yang disebabkan oleh pergerakan antara lempeng tektonik di sepanjang garis patahan di kerak bumi.

Antisipasi Saat Terjadi Gempa Bumi

Antisipasi-Saat-Terjadi-Gempa-Bumi

Jika wilayah kamu terjadi Lindu hal yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Lindungi badan dan kepala dari benturan reruntuhan, jika masih bisa keluar rumah sebaiknya lari keluar.
  • Jika berada di luar bangunan kamu bisa menghindar dari bangunan yang berpotensi runtuh seperti gedung, pohon, tiang listrik, perhatikan tempat kamu berpijak.
  • jika sedang mengendarai mobil segeralah keluar, dan menjauh dari mobil.

Agar kamu tidak ketinggalan berita terupdate yang lagi viral dan cerita menarik lainnya ikutin terus storyups.com.