Turis Asal Selandia Baru meninggal setelah kelelahan berenang di Pantai Pink Beach, Taman Nasional Komodo Labuan Bajo

Turis-Asal-Selandia-Baru-Meninggal-Akibat-kelelahan-Snorkelling

Kepala Kantor SAR Maumere, Supriyanto Ridwan mengatakan, sekitar pukul 09.00 Wita, korban bersama tamu Kapal Penisi Cahaya Lusia lainnya tiba di perairan Pink Beach untuk berwisata.

Kronologi Turis Asal Selandia Baru Meninggal

Dari laporan yang di dapat, korban hendak ke pinggir Pantai Pink Beach dengan berenang. Sebelumnya, korban sudah diperingatkan kru kapal untuk menggunakan sekoci tetapi ia tetap ingin berenang hingga ke tepian. Setelah korban sampai di pinggir pantai, korban mengalami kelelahan saar berenang hingga akhirnya pingsan. Dilakukan resustitasi jantung paru, tetapi nyawa korban tak tertolong. Setelah mendapatlam informasi, tim SAR gabungan langsung berangkat menuju lokasi kejadian untuk mengevakuasi menggunakan Kapal Rib Pos SAR Manggarai Barat.

Adapun kronologi kejadian berdasarkan informasi yang dihimpun, pada Minggu pagi sekitar pukul 08.30 Wita. Korban bersama turis lainnya tiba di perairan Pink Beach untuk melakukan Snorkelling di sana. Saat itu rombongan lain sudah berada di sekoci untuk persiapan menuju bibir pantai. Namun, korban menolah menaiki sekoci dan berinisiatif berenang dari kapal menuju bibir pantai yang jaraknya sekitar kurang lebih 100 meter. Pukul 10.50 Wita, tim sampai di lokasi dan langsung melaksanakan evakuasi. Setelah sekoci mengantar tamu ke pantai, seorang pemandu wisata melihat arus deras dan berinisiatif untuk menjemput korban. Sekitar 10 meter korban, pemandu wisata memanggil korban, namun tak ada jawaban.

Baca Juga: Sopir Bus Anatar Kota Cabuli Penumpang Saat Korban Tertidur

Penyelamatan Yang Dilakukan Pemandu Wisata

Penyelamatan-Yang-Dilakukan-Pemandu-Wisata

Pemandu Wisata itu lantas melompat ke laut dan menyelamatkan korban dan membawanya ke tepi pantai. Turis tersebut sempat di berikan pertolongan berupa resusitasi jantung paru oleh seorang dokter yang kebetulan berwisata di sana. Lantaran tak ada respons, petugas itu kemudian melompat ke air dan mengangkat turis tersebut ke sekoci. Kemudian dibawa ke pantai, dan tiba disana pria asing ini sudah tidak bernyawa sehingga dibawa kembali ke kapal.

Namun nyawa WNA tersebut tidak terselamatkan. Pukul 12.10 Wita, tim bersama korban sampai di Pelabuhan Matina Labuan Bajo dan korbang langsung dievakuasi ke Ambulans KKP menuju RS Siloam Labuan Bajo. Korban dinyatakan meninggal dunia. WNA tersebut diduga meninggal akibat kelelahan usai Snorkelling lantaran sehai sebelumnya pria 62 tahun itu diketahui sempat trekking di sejumlah spot wisata di kawasan Taman Nasional Komodo.