Tingkatkan Perekonomian, Pemerintah Desa Kemang Kabupaten Bogor Jalankan Program SDGs 2021

Tingkatkan Perekonomian, Pemerintah Desa Kemang Kabupaten Bogor Jalankan Program SDGs 2021

Zonaindonesia.ID, Jawa Barat – Awalnya SDGs Desa belum terdengar di desa. Jangankan SDGs Desa, SDGs saja desa belum tentu tahu. Namun bukan berarti desa belum melakukan program kegiatan yang sesuai SGDs Desa. Desa hanya belum memahami kalau itu bagian indikator SDGs Desa.

SDGs (Suistanable Development Goals) Desa merupakan pembumian SDGs (global) dengan menambahkan poin kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif. SDGs sendiri menjadi konsep pembangunan berkelanjutan bangsa-bangsa yang menjadi anggota PBB, termasuk Indonesia, sampai 2030. SDGs ini menggantikan MDGs (Millenium Development Goals) yang telah berakhir pada 2015.

Sementara itu, pada Rabu 9 Juni 2021 Pemerintah Desa Kemang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor mengalokasikan Dana Desa (DD) untuk menjalankan SDGs yang digagas Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Sekretaris Desa (Sekdes) Kemang, Rahmat mengatakan, sedikitnya ada 50 relawan desa yang akan menjalankan pemutakhiran Indeks Desa Membangun (IDM) 2021. “Masing-masing relawan sudah dipetakan tugas serta wilayahnya, hitungannya per relawan mendapat Lima Puluh Ribu Rupiah (Rp.50.000) per pendataan,” katanya di Kantor Desa Jl. Kemang Kiara Desa Kemang Kabupaten Bogor, Rabu (9/6).

Lebih jauh Rahmat mengutarakan, makanya kita hanya anggarkan program SDGs ini melalui dana desa. Mereka para relawan tak lain sebagai petugas sensus desa. Kerjanya mereka mendata dari soal sosial hingga pembangunan.

Sehingga sambung dia, Pemdes bisa memberikan informasi lebih banyak, sebagai proses perbaikan, ada pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan warga.

“Sehingga desa memiliki data mikro dan detail sebagi bahan tujuan program pembangunan berkelanjutan,” ucapnya.

Saat ini relawan tersebut sudah berjalan hampir satu bulan dengan progres pekerjaan baru sekitar 80 persen. Dalam pelatihan tersebut sebanyak 50 relawan dari 50 RT di wilayahnya. Relawan juga di seragami kaos dan id card, ujar Rahmat.

SDGs desa sendiri merupakan upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, Pungkasnya.

(Fahmy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *