Tempat Ibadah Tertua Pondok Bambu di Resmikan Walikota JakartaTimur

Tempat Ibadah Tertua Pondok Bambu di Resmikan Walikota JakartaTimur

Zonaindonesia.Id, Jakarta – Masjid Jamie Arrahman yang terletak di Jl. Pahlawan Revolusi Pondok Bambu Jakarta Timur merupak salah satu tempat ibadah tertua dan sangat strategis di kawasan tersebut.

Menurut Ketua DKM, Ust. Sanusi bahwa masjid Arrahman didirikan sejak tahun 1979, berawal dalam kondisi dan bentuk yang sederhana dengan luas lahan 198 M2. Seiring dengan berjalannya waktu, jamaah yang hadir melebihi kapasitas di dalam Masjid, terutama pada pelaksanaan sholat Jumat.

Untuk menyikapi hal tersebut, DKM bersama para jamaah dan donatur menggagas perluasan Masjid tersebut guna menampung jamaah lebih banyak lagi dengan kapasitas perparkiran yang memadai. Puncaknya, pada malam 17 Ramadhan 1442 H tepatnya tanggal 28 April 2021 dilakukan peresmian Perluasan Masjid Jamie Arrahman dan pemberian IMB oleh Walikota Administrasi Jakarta Timur, H.M. Anwar.

Acara yang diselenggarakan setelah sholat Isya dan Taraweh tersebut turut dihadiri oleh Wakil Menteri Agama RI, Direktur Binmas Polda Metro Jaya, Habib Abdullah bin Umar Banahsan, Habib Ahyad bin Abdullah Banahsan dan para ulama setempat. DKM Masjid Arrahman, Ustadz Sanusi menyampaikan bahwa seharusnya pembangunan Masjid Wajib memiliki IMB yang dikeluarkan dari PTSP tingkat kota.

“Kami pun membangun Masjid Jamie Arrahman sudah ada izinnya bukan asal bangun saja. Masjid ini Resmi sesuai aturan PERDA 7 THN 2010 Tentang bangunan dan gedung yang berlaku di DKI Jakarta,” tuturnya.

Lanjut ia mengatakan, “Kita bersyukur di hari ke 16 yang bertepatan dengan malam 17 Ramadhan yaitu malam Nuzulul Qur’an atas izin Allah Masjid Jamie Arrahman ini bisa diresmikan dan bisa di gunakan oleh umat Islam untuk melaksanakan ibadah sholat 5 waktu.

“Sementara H.M. Anwar, Walikota Administrasi Jakarta Timur berharap agar DKM Masjid Jamie Arrahman dapat mempermudah warga sekitar dalam melaksakan di Masjid tersebut. “Saya berpesan kepada anak muda agar memanfaatkan masjid ini untuk belahar dan perdalam ilmu agama supaya menjadi anak yang soleh, dan menjadi generasi penerus bangsa yang sukses,” ujar Wali Kota, saat dikonfirmasi Kamis (29/4/2021).

Masjid Jami Arrahman yang semula mempunyai luas lahan 198 M2, setelah mengalami perluasan menjadi 398 M2 dengan rincian bahwa bangunan lama yang seluas 198 M2 akan dijadikan sebagai area parkir jamaah dan sisanya 200 meter berdiri megah bangunan baru Masjid Jamie Arrahman.

Dengan adanya perluasan tersebut, diharapkan Masjid Jamie Arrahman mampu mengakomodir segala kebutuhan umat, baik dalam hal ibadah shalat rawatib atau pun kegiatan ibadah lainnya. (Ltf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *