Channel Bersama Guru Digital Berikan Kemudahan Guru Untuk Memperoleh Kesuksesan Sebagai Guru Youtuber

Channel Bersama Guru Digital Berikan Kemudahan Guru Untuk Memperoleh Kesuksesan Sebagai Guru Youtuber

Zonaindonesia.Id, Jakarta – Program Sejuta Guru Digital hadir sebagai upaya mendorong kreativitas dan inovasi guru untuk melek digital dan dapat memanfaatkan teknologi untuk media pembelajaran yang menarik.

Dengan penguasaan guru dalam rancangan dan desain pembelajaran, serta membekali melalui Webinar Upgrade menjadi Guru Digital ini, maka konten-konten yang ditonton oleh siswa melalui platform Youtube di bidang pendidikan dapat menjadikan pembelajaran semakin menyenangkan.

Hal ini disampaikan Dr. Dirgantara Wicaksono, CEO Guru Youtuber/ Guru digital dalam Webinar Guru Digital “Upgrade menjadi Guru Digital” secara virtual yang menghadirkan ratusan Guru dan Pendidik dari Makassar dan Kendari, Kamis (22/4).

Kegiatan ini bekerjasama dengan Kemendikbud serta Dinas Pendidikan Provinsi setempat dan disponsori oleh PT.Paragon atau kerap dikenal dengan produk Wardah kosmetik yang berkomitmen terhadap sektor pendidikan, teknologi dan inovasi.

Dr. Dirgantara Wicaksono yang akrab disapa Bombom menambahkan pembelajaran melalui platform digital merupakan tuntutan Abad ke-21.

“Sehingga, materi-materi pembelajaran dapat diolah melalui berbagai aplikasi pendukung digitalisasi yang tersedia agar dapat menghasilkan konten pembelajaran yang menarik bagi siswa dan harapannya luaran pembelajaran dapat tercapai”, ungkapnya.

Senada dengan Bombom, Dr. Oki Setiana Dewi, Yang merupakan Artis /influencer/ pendakwah serta Pembina Guru Youtuber menyatakan guru-guru harus semakin kreatif dalam mebuat video-video pembelajaran yang bisa dinimkati secara online oleh anak-anak didik.

“Melalui pelatihan-pelatihan yang akan Bapak dan Ibu Guru dapatkan diharapkan dapat bermanfaat untuk membuat video-video pembelajaran untuk peserta didik secara luas melalui platform Youtube”, urainya.

Oki menambahkan, “Tujuan dalam membuat video pembelajaran tentu adalah untuk memberikan ilmu kepada banyak orang untuk kebermanfaatan yang lebih luas, tetapi juga dapat memberikan pendapatan tambahan untuk kesejahteraan guru-guru”, jelasnya.

Narasumber selanjutnya Ujung Oppa Yotuuber asal Korea Selatan Menjelaskan tips dan trik penguasaan Algoritma YouTube , oppa menyampaikan ” Guru harus memahami Algoritma sebagai menguat konstruksi konten pembelajaran yang akan di upload di YouTube , algoritma merupakan urutan langkah langkah atau proses logis secara sistematis untuk menyelesaikan suatu permasalahan ,ujar youtuber Korea bernama asli Hwangwoojoong . Lalu Dr. Sitti Rabiah, kordinator Guru Digital dari Makassar mengapresiasi pelaksanaan Webinar Upgrade Menjadi Guru Digital ini.

“Pengetahuan yang dibagikan oleh para narasumber sangat bermanfaat bagi guru-guru, karena melalui video pembelajran yang menarik tentu akan menarik minat siswa dan memberikan variasi dalam proses pembelajaran”, ungkapnya.

Dalam keterangannya, Dirgantara Wicaksono menyampaikan bahwa Webinar Upgrade menjadi Guru Digital telah melibatkan ribuan guru yang hadir secara virtual. “Pelaksanaan di Makassar dan Kendari merupakan kota ke enambelas dari target 25 kabupaten/kota se- Indonesia.

Dari pelaksanaan Webinar di kota-kota sebelumnya telah melibatkan ribuan peserta diantaranya: Jawabarat wilayah IV (Kabupaten Purwakarta, Subang, Karawang ), Jawa Tengah( Semarang, Solo, Magelang), Jawa timur (Surabaya, Malang kota dan kabupaten, Banyuwangi ) Kaltim ( Samarinda, Balikpapan, Banjarmasin ) Jabar Cilegon, Banten dan Indramayu, Garut, Cirebon ,Kuningan, Depok dan Bogor.

Guru Youtuber akan melanjutkan roadshow ke daerah-daerah lainnya di berbagai wilayah sampai Timur Indonesia”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *