Polri Bekerja Sama Dengan Interpol Buru Joseph Paul Zhang Sang Penista Agama

Polri Bekerja Sama Dengan Interpol Buru Joseph Paul Zhang Sang Penista Agama

Zonaindonesia.Id, Jakarta – Joseph Paul Zhang yang mengaku sebagai Nabi ke-26 dan menghina Nabi Muhammad serta menghina agama Islam membuat geram banyak pihak terutama Umat Muslim di Indonesia.

Dari pernyataan nya yang diunggah melalui akun Youtube pribadi nya yang diberi tajuk Puasa Lalim Islam dalam sebuah forum diskusi melalui media Zoom Sabtu (17/04/2021) Joseph yang diduga melakukan penistaan agama juga menantang untuk melaporkan dirinya kepihak kepolisian.

Atas kejadian tersebut pihak kepolisian bertindak cepat dengan menggandeng Interpol untuk segera meringkus Joseph.

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto segera mendalami perkara tersebut, dan setelah dilakukan penyidikan ternyata Joseph tidak tinggal di Indonesia, “Mekanisme penyidikannya, kan terus berjalan walaupun yang bersangkutan diluar negeri”, kata Agus yang dikutip dari Antara Minggu (18/04/2021).

Untuk itu pihaknya telah berkordinasi dengan pihak imigrasi yang mengetahui data perlintasan Joseph Paul Zhang sudah meninggalkan Indonesia sejak bulan Januari 2018.

Agus mengatakan bahwa Bareskrim Polri bekerja sama dengan kepolisian luar negeri sudah membuat daftar pencarian orang (DPO) terhadap Joseph Paul Zhang agar dapat dideportasi dari negara yang ia singgah ke Indonesia “Mekanisme kerja sama kepolisian luar negeri bisa berjalan, mau enggak negara tempat yang bersangkutan tinggal mendeportasi yang bersangkutan, DPO nanti akan diterbitkan”, kata Agus.

Terkait sudah ada atau belum yang melaporkan hal tersebut ke pihak kepolisian Agus menjelaskan, bahwa penyidik dapat menindak dengan membuat laporan temuan terkait dengan konten intoleran tersebut.

Menurutnya konten intoleran yang menimbulkan konflik sosial dan menimbulkan keresahan masyarakat dapat menimbulkan perpecahan serta merusak persatuan dan kesatuan dapat ditindak dengan Surat Edaran (SE) Kapolri, “Kalau yang seperti itu kan bisa dibuat laporan temuan penyidik atas konten intoleran menimbulkan konflik sosial dan keresahan masyarakat merusak persatuan dan kesatuan sesuai dengan SE Kapolri, kan ditindak tegas”, jelas Agus.

Pernyataan Joseph juga tidak luput dari tanggapan politikus Muannas Alaidid, melalui akun twiternya @muannas_alaidid, beliau menyatakan akan mengejar sendiri Joseph, “Demi Allah saya sendiri yang akan kejar anda @DivHumas_Polri”, cuit nya Minggu (18/04/2021).

Sampai saat ini polisi masih melakukan penyelidikan serta melengkapi dokumen penyelidikan atas konten yang dianggap intoleran yang dikeluarkan oleh Joseph Paul Zhang mellalui akun nya tersebut.
(JS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *