Kisah Jendral Polisi Yang Hijrah Bersama Jamaah Tabligh

Kisah Jendral Polisi Yang Hijrah Bersama Jamaah Tabligh

Zonaindonesia.Id, Jakarta –  Mantan Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komisaris Jendral Purnawirawan Anton Bachrul Alam mengisahkan awal jejaknya hijrah dan aktif berdakwah bersama Jamaah Tabligh.

Pada awal nya Jendral bintang tiga ini mencari tahu soal kegiatan Jamaah Tabligh karena anak buah nya yang mendadak rajin sholat.

Dikutip dari Suara.com yang bersumber dari Hops.id media jaringan Suara.com Minggu (11/04/2021), Anton yang awal nya curiga jika Jamaah Tabligh berafiliasi dengan jaringan teroris karena gaya busana muslim yang sama, hal itu diungkap Anton Bachrul Alam saat memberikan tausiyah di Cibubur 2 Februari 2014 yang lalu.

Anton Bachrul Alam menceritakan tentang awal kisahnya menekuni bidang dakwah setelah pensiun dari Dinas Kepolisian Repulik Indonesia, tidak seperti pensiunan polri lain nya, mantan Kapolda Jawa Timur ini justru menekuni dakwah melalui Jamaah Tabligh usai bertugas di Dinas Kepolisian.

Beliau aktif dalam kegiatan pertemuan umat Islam atau ijtimak diberbagai daerah serta meluangkan waktu untuk berdakwah dari masjid ke masjid.

Awal nya Anton curiga dengan Jamaah Tabligh yang kerap memakai pakaian dan sorban serba putih dan kerap berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain, dari masjid satu ke masjid lain juga dari satu surau ke surau lain serta kerap mendatangi rumah-rumah yang bisa mengganggu ketentraman masyarakat.

Dengan diliputi rasa penasaran tersebut Komjen Anton Bachrul Alam memerintahkan satu anggota nya untuk menyelidiki Jamaah Tabligh ini untuk ikut kegiatan Jamaah Tabligh dengan i’tikaf atau berdiam diri mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala selam tiga hari dimasjid.

Setelah tiga hari menjalankan misi nya kemudian anak buah Anton melapor kepada diri nya, Anton mengatakan keheranan nya kalau anak buah nya menjadi rajin aholat padahal sebelum nya tidak rajin, “Ternyata kata anak buah ini Jamaah Tabligh ini bagus, saya heran jadinya sebab anggota saya ini setelah ikut misi tiba-tiba rajin sholat, padahal sebelum nya jarang sholat”, kata Anton.

Tidak puas kemudian Komjen Anton Bachrul Alam kemudian kembali mengutus tiga orang anak buah nya untuk melanjutkan penyelidikan terhadap kegiatan Jamaah Tabligh dengan ikut Khuruj selam tiga hari.

Anton mengatakan lagi-lagi hasil nya sama, setelah menjalankan misi ketiga anak buah nya menjadi rajin sholat, “Lagi-lagi hasil nya sama lho, sepulangnya menjalankan misi tiga anggota itu mendadak rajin sholat”, lanjut cerita Anton.

Komjen Anton kian penasaran dan akhir nya memutuskan untuk menyelidiki sendiri dengan mendatangi markas Jamaah Tabligh di daerah Kebon Jeruk Jakarta Barat dan Anton ikut keluar atau kegitan Khuruj selama tiga hari.

Setelah mengikuti kegiatan tersebut Komjen Anton mengaku merasakan dampak positif dari kegiatan tersebut seperti yang dirasakan keempat anggotanya sebelumnya.

Setelah mengikuti kegiatan tersebut Komjen Anton menjadi tertarik dan terpikat untuk berdakwah bersama Jamaah Tabligh

Sepulang nya dari mengikuti kegiatan tersebut Komjen Anton mampir membeli gamis dan sorban lalu pulang dengan berpakaian sunah, moment itu adalah moment Komjen Anton Bachrul Alam mendapatkan jalan hidayah dari Allah Ta’ala untuk diri nya, dan sampai sekaran Komjen Anton aktif berdakawah dan bertabligh serta istiqomah mengenakan pakaian sunah.

Belakangan ini Komjen Anton Bachrul Alam aktif menyampaikan dakwah dan nasihat keislaman di jajaran Kepolisian dan dimasjid-masjid.

Dapat kita ketahui Jamaah Tabligh yang diambil dari nama nya yaitu Tabligh atau menyampaikan, adalah kelompok yang berkegiatan non politik dan hanya berdakawah tidak terikat oleh hilafiayah, Jamaah Tabligh adalah jamaah yang berdakwah berpindah-pindah tempat dari satu tempat ke tempat lain nya, dari masjid ke masjid serta dari musholah ke musholah guna menyampaikan dakwah serta risalah Islam dan mengajak orang lain untuk mengerjakan Sunah-Sunah Nabi Muhammad Sallahualaihi Wa Salam karena didalam Sunah ada Kejayaan dan ribuan kebaikan untuk yang menjalankan nya.
(JS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *