Warga Buru Emas Yang Muncul Dipesisir Pantai Maluku Tengah

Warga Buru Emas Yang Muncul Dipesisir Pantai Maluku Tengah

Zonaindonesia.Id, Maluku – Sudah sejak dua hari warga Desa Tamilow Kecamatan Amahai Kabupaten Maluku Tengah berbondong-bondong mendatangi pesisir pantai Desa tersebut.

Bukan tanpa sebab mereka datangi lokasi pesisir pantai tersebut, sejak tersebar nya berita bahwa telah muncul nya banyak emas ditempat tersebut Jum’at (19/03/2021) lalu viral dimedia sosial warga berdatangan sejak Senin (22/03/2021) untuk mendulang emas dilokasi pesisir pantai tersebut.

Menurut Syarifah, warga setempat, yang dikutip dari Kompas.com, menjelaskan awal nya dia dan dua saudara nya melihat kilauan dipesisir pantai, lalu setelah dilihat dari dekat ternyata benda berkilauan tersebut adalah emas, ” Awal nya saya bersama dua kakak hanya coba-coba, kami melihat ada semacam kilauan dipesisir pantai dan setelah disaring ternyata ada kandungan emas nya”, kata Syarifah.

Menurut salah seorang perangkat Desa Tamilaw Rais Pawae, sejak temuan emas tersebut viral dimedia sosial warga warga berdatangan untuk mendulang emas dengan peralatan seada nya, “Dalam dua hari ada banyak warga yang dapat emas dari hasil mendulang, tapi bukan emas batangan, bentuk nya butiran dan bentuk nya seperti batu kecil-kecil “, ungkap nya.

Rais juga mengatakan, sudah ada warga yang mendapatkan sepuluh gram emas, namun rata¬≤ warga mendapat kurang lebih empat gram emas, ” Ada warga yang sudah mendapat sepuluh gram sejak Sabtu, tapi mereka rahasiakan”, kata nya.

Lokasi kemunculan material emas tersebut berjarak sekitar empat ratus hingga lima ratus meter dari perkampungan.

Rais mengungkapkan selain dipesisir pantai warga juga ada yang mendulang emas dibeberapa sungai didesa itu, ia berharap kemunculan emas di desa akan membawa keberkahan bagi warga desa, ” Setahun yang lalu ada emas juga muncul dipantai desa tapi bukan dipantai yang sekarang ini, semoga ini berkah bagi kita disini “, ungkap nya.

Diharapkan pemerintah setempat dapat mengontrol dan mengawasi pendulangan emas tersebut agar tidak terjadi nya kerusakan lingkungan yang disebabkan atas ada nya pendulangan emas oleh warga tersebut.

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi serta penelitian dari pihak terkait mengenai kadar yang terkandung didalam material emas tersebut.
(JS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *