Agus Fatah : Sarasehan Pendongeng Nasional 2021, Era Baru Pendongeng Indonesia

Zonaindoneaia.id – Perkembangan dunia mendongeng di Indonesia dalam 10 tahun terakhir ini mengalami kemajuan yang luar biasa. Dalam satu dekade ini telah lahir banyak pendongeng- pendongeng muda berbakat yang tergabung dalam berbagai komunitas, baik lokal, nasional hingga internasional.

Perkembangan pesat di dunia dongeng ini patut di syukuri dan diapresiasi oleh masyarakat dan pemerintah. Karena dari para pendongeng inilah benih-benih karakter bangsa disemai dihati anak-anak Indonesia.

Kini hampir di setiap pelosok negeri akan kita jumpai orang-orang yang secara konsisten mendampingi anak dengan dongeng. Ada yang terakses media sehingga dikenal luas. Ada pula yang tergabung dalam komunitas dongeng. Namun, banyak pula yang belum terendus media meski mereka terus berupaya mendongeng.

Hal inilah yang mendorong Forum Dongeng Nasional (FDN) menyelenggarakan Sarasehan Pendongeng Nasional 2021,
untuk mewadahi para pendongeng berjejaring dan bersilaturahim.

“Harapannya kita bisa saling mengenal, berjejaring, dan saling bersinergi”, ujar Acep Yoni, Ketua Panitia Sarasehan Pendongeng Nasional 2021.

Selain sebagai media silaturahmi, sarasehan yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Dongeng Internasional yang jatuh pada 20 Maret ini juga diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan keterampilan mendongeng terutama setelah pandemi datang. Sampai hari ini, telah terdaftar lebih dari 100 pendongeng yang akan mengikuti sarasehan, mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Sarasehan ini akan berlangsung pada tanggal 20 – 21 Maret 2021 via daring dengan rangkaian acara yang dimulai pada Sabtu (20/3) malam dengan agenda berbagi cerita dan silaturahmi dipandu oleh Kak Toni. Kak Rona, dan Kak Ojan. Hari kedua pada Minggu (21/3) pagi sarasehan akan dimulai dengan webinar Dunia Dongeng Digital oleh Shafiq Pontoh serta Iqbal Hariadi, dipandu oleh Paman Gery.

Pada akhir acara, (21/3) mulai pukul 10.00 akan diadakan Parade Dongeng Nasional. Parade Dongeng ini diikuti 17 Pendongeng Nasional melalui siaran langsung instagram @forumdongengnasionalDiharapkan setelah sarasehan ini akan terbangun sinergisitas antar pendongeng yang lebih berkualitas dan terjalin persaudaraan yang lebih erat dan kuat demi kebaikan bangsa dan negara.

Sarasehan Pendongeng Nasional 2021 ini menandai era baru dongeng Indonesia, era dimana dongeng bisa dinikmati oleh masyarakat via teknologi komunikasi canggih (HP) dengan berbagai aplikasi media sosialnya. Suatu hal yang tidak pernah terjadi di era sebelumnya.

Era dimana para pendongeng dari berbagai daerah di nusantara bisa bersilaturrahmi dan berkomunikasi setiap saat dan Sarasehan Pendongeng Nasional 2021 adalah puncak dari silaturahmi dan komunikasi yang dijalin selama ini. Era pandemi ternyata tidak menyurutkan langkah para pendongeng Indonesia untuk terus bersilaturrahmi, berkomunikasi, berbagi dan bersinergi.

Selamat bersilaturrahmi, berkomunikasi, belajar dan bersinergi para pendongeng Indonesia, Di tanganmu kami berharap anak-anak Indonesia tetap tersenyum ceria dan bahagia. Selamat bersarasehan
Para pendongeng Indonesia, penjaga mimpi, imajinasi dan nyala literasi anak negeri.

Jalan jalan ke pedesaan
Jangan lupa ikut menandur
Selamat bersarasehan kami ucapkan
Dongeng Terus, Pantang Mundur

Oleh : Agus Fatah ( Pengamat Dongeng dan Literasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *