Mubaligh Kondang Anton Medan Tutup Usia

Mubaligh Kondang Anton Medan Tutup Usia

Zonaindonesia.id, Jawa Barat- Kabar duka datang dari Ikatan Islam Tionghoa, dikabarkan, Mubaligh Ramdhan Effendi atau yang juga dikenal dengan Anton Medan tutup usia pada Senin (15/03/2021) di kediaman nya.

Kabar duka tersebut di kabarkan melaui pesan singakat dimedia sosial Whastapp, kabar meninggal nya Anton Medan dibenarkan oleh Ketua Umum Persatuan Islam Tionghoa Ipong Hembiring Putra, “Beliau meninggal dirumah nya di Cibinong”, kata Ipong seperti yang dikutip dari Liputan6.com.

Ipong juga menjelaskan Anton Medan meninggal setelah menderita sakit stroke dan diabetes, “Iya benar karena stroke dan diabetes”, ujar Ipong.

Sebelum menjadi mubaligh Anton Medan pernah menjadi preman yang sangat di takuti pada jaman pemerintahan Orade Baru, dan pernah mendekam dipenjara Nusa Kambangan, beliau lahir dari keturunan Tionghoa dengan nama Tan Hok Liang, yang kemudian beliau memeluk agama Islam lalu menjadi mubaligh yang cukup kondang, dan beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Persatuan Islam Tionghoa (PITI) sejak tahun 2012.

Semasa hidup nya sebelum memeluk agama Islam beliau memeluk agama Budha dan pernah memeluk agama Kristen.

Beliau memilih untuk memeluk agama islam sejak tahun 1992, lalu mendalami agama islam kemudian giat berdakwah dan mendirikan masjid yang di beri nama Masjid Jami’ Tan Hok Liang yang terletak dikawasan pesantren At-Ta’ibin Pondok Rajeg Cibinong Kabupaten Bogor yang juga dibangun oleh nya.

Mubaligh yang juga pernah belajar agama dengan Almarhum Kiyai Haji Zainudin MZ tersebut membangun pesantren untuk para mualaf dari keturunan Tionghoa dan para narapidana yang ingin kembali kejalan yang benar dan ingin mempelajari agama Islam.

Anton medan lahir pada 10 Oktober 1957 dan meninggal Senin 15 Maret 2021 pada usia nya yang ke 63 tahun yang meninggalkan satu orang istri, tujuh orang anak dan sebelas orang cucu.

Dan rencana nya akan di kebumikan besok didekat rumah nya di sebelah Masjid Jami’ Tan Hok Liang didalam kawasan pesantren At-Ta’ibin Pondok Rajeg Cibinong Kabupaten Bogor Jawa Barat.
(JS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *