Siti Rakhman Anggota Bawaslu DKI Jakarta : Pengawas Pemilu Harus Terus Meningkatkan Kapasitas Juga Kompetensi Diri

Siti Rakhman Anggota Bawaslu DKI Jakarta : Pengawas Pemilu Harus Terus Meningkatkan Kapasitas Juga Kompetensi Diri

ZONAINDONESIA.ID, JAKARTA- Keputusan pemerintah untuk tetap menyelenggarakan pemilu dan pilkada pada Tahun 2024 menjadi tantangan dan tugas tersendiri bagi seluruh penyelenggara pemilu khususnya Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

Jeda waktu yang terbilang cukup panjang harus dimanfaatkan oleh pengawas pemilu untuk mempersiapkan diri secara baik terutama dari sisi kualitas dan kapasitas sumber daya pengawas pemilu.

Hal ini disampaikan oleh Sitti Rakhman Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta dalam rapat Pembinaan dan Pengawasan Terhadap Pelaksanaan Tugas Pengawas Pemilu di Aula Graha Demokrasi Kantor Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Rabu (10/3/2021).

“Pengawas pemilu harus mempersiapkan diri secara baik menuju pemilu Tahun 2024, dengan terus meningkatkan kapasitas dan kompetensi diri” ujar Rakhma.
Selain itu menurutnya, pengawas pemilu ditingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota harus terus berinovasi dalam melaksanakan kegiatan yang berkontribusi bagi tugas pengawasan pemilu.

“Bawaslu Provinsi DKI Jakarta dan Bawaslu Kab/Kota harus terus berinovasi dalam melaksanakan kegiatan seperti melalukan seminar,webinar,dan pelatihan secara virtual”. tambah Rakhma yang merupakan Koordinator Divisi SDM Bawaslu Provinsi DKI Jakarta.

Kegiatan tersebut menghadirkan Sri Nilawati yang merupakan Tim Asistensi Bawaslu RI, dalam materinya Ia menyampaikan bahwa Pembinaan dan Pengawasan terhadap pelaksanaan tugas Pengawas Pemilu memiliki urgensi untuk menjawab perubahan status kelembagaan dan jumlah pengawas pemilu sesuai Undang-Undang.

“Proses pembinaan pengawas pemilu adalah kewajiban yang harus dilakukan sesuai amanah Pasal 96 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *