Kemenpan RB Berikan Penghargaan 12 Polres Atas Pelayanan Prima

Kemenpan RB Berikan Penghargaan 12 Polres Atas Pelayanan Prima

ZONAINDONESIA.ID, JAKARTA- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), memberikan penghargaan kepada 12 Polres/Polresta/Polrestabes yang dinilai Pelayanannya prima kepada publik.

Kemenpan-RB melakukan evaluasi tiap tahunnya. Pada 2020, Kementerian itu menilai setidaknya 209 unit pelayanan yang ada di Polres, Polresta, Polrestabes juga Polres Metro.

Menpan RB Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan langsung di Mabes Polri saat acara Rapat Pimpinan (Rapim) Polri 2021

“Visi-misi Pak Jokowi dan Ma’ruf Amin yaitu, reformasi birokrasi. Yang diinginkan pak Presiden kecepatan aparatur pemerintah layani masyarakat, mulai Presiden, Kepala Desa, Lurah, Kapolri, sampai Kapolsek, Bhabinkamtibmas, Panglima TNI dengan tiga mitra sampai Koramil, Babinsa,” tegas Menpan-RB Tjahjo Kumolo dalam acara Rapim Polri di Mabes, jalan trunojoyo, Kebayoran baru, Jakarta Selatan. Selasa (16/2/2021).

“Hari ini ada 12 Polres yang mendapatkan penilaian dengan grade Ajuga grade terbaik terkait pelayanan prima. Dari itu kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Menpan RB atas penyampaiannya hasil evaluasi dan pelayanan publik Polri,” Tegas Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Listyo Sigit juga menyebutkan, Ada enam aspek yang menjadi dasar penilaian berdasarkan Peraturan Menteri PANRB no 17 tahun 2017 yaitu, kebijakan pelayanan, profesionalisme sumber daya manusia (SDM), sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan publik.

“Tentunya ini menjadi komitmen kami bahwa tidak hanya sampai di 12 Polres, tapi terus kami tingkatkan (pelayanan publik di Polres-polres secara bertahap khususnya di wilayah perkotaan yang didukung dengan teknologi informasi dan teknologi digital, mampu memberikan pelayanan online, bertujuan pelayanan Polri yang lebih baik di masyarakat, pelayanan publik online disajikan Samsat online, SIM online, SKCK online” ujar Listyo Sigit

Berikut 12 Polres/Polresta/ Polrestabes yang mendapatkan penghargaan dari Menpan RB atas pelayanan prima kepada publik dengan kategori Grade A yakni, Polresta Sidoarjo, Polrestabes Surabaya, Polresta Cirebon, Polres Banyuwangi, Polres Malang, Polresaybes Palembang dan Polrestabes Bandung.

Dan kemudian Polres Gresik, Polresta Pekanbaru, Polres Malang Kota, Polres Kulon Progo dan Polres Sleman.

Acara tersebut juga di hadiri Kepala BNN Komjen Pol Petrus Reinhard Golose, Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar serta Ketua Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) Komjen Pol Firli Bajuri. (TK).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *