Riba Jadi Kajian Talim Mentor Mahabbah Bulan Ini

Riba Jadi Kajian Talim Mentor Mahabbah Bulan Ini

ZONAINDONESIA.ID, JAKARTA- Pengajian bulanan Majlis Mentor Mahabbah (MM) yang sudah diadakan ke lima kali nya ini di dilaksanakan pada Hari Ahad, 25 Jumadil Akhir 1442 H bertepatan Tanggal 07 Februari 2021 M bertempat di Saung Jawara Peci, Jl Kayu Manis 1 ( Goa Monyet) Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur.

Majlis di awali dengan lantunan sholawat dan oleh Ust Haris, kemudian di lanjutkan dengan pembacaan Surah Yasin serta Ratib Al-Haddad 0leh Ustadz Sadly,dan Doa arwah serta di lanjutkan dengan kajian Islami dan siraman rohani.

Pada kajian bulan ini, Tema Riba di sampaikan kepada para jamaah Mentor Mahabbah.

“Syaikh Abu Bakar Jabir al Jaza’iri di dalam Kitab Minhajul Muslim menjelaskan pengertian riba. Menurut mantan pengajar tetap di Masjid Nabawi, Madinah itu,
Riba adalah penambahan sejumlah harta yang bersifat khusus.

Secara bahasa Riba artinya, penambahan.
Sementara Sayyid Quthb dalam buku ‘Tafsir Ayat-ayat Riba: Mengupas Persoalan Riba Sampai ke Akar-akarnya’ mengatakan tradisi Arab klasik memberi pengertian riba secara spesifik yaitu penambahan utang akibat jatuh tempo.

Pengertian riba secara umum adalah penambahan nilai barang tertentu dan penambahan jumlah pembayaran pada utang.

Di dalam Islam pelarangan riba dilakukan secara bertahap, sama seperti ketika pemberlakukan haram atas khamr. Sebab di zaman jahiliah, praktik riba sudah dilakukan secara terang-terangan. Apabila ketika itu dilarang secara langsung tentu akan menimbulkan penolakan secara frontal. Dan seiring dengan berjalannya waktu, akhirnya riba benar-benar dilarang secara tegas.

Jabir bin Abdullah Ra berkata:

“Rasulullah SAW melaknat pemakan riba dan yang memberi makan riba, juga saksi dan penulisnya. Semua sama saja.” (HR. Muslim, Ahmad, Abu Daud dan At Tirmidzi

Acara di tutup doa oleh Ust Haris, setelah itu di lanjutkan dengan ramah tamah sambil santap jasmani lontong sayur , combro, bir pletok.

M Khotib Zaelani, S.Ag selaku ketua umum Majlis Mentor Mahabbah (MM) mengatakan bahwa Talim bulanan di Mentor Mahabbah (MM) pada hakekat nya menjalin kebersamaan dan persatuan, Majlis Mentor Mahabbah ini Insya Allah di adakan setiap bulan nya, tempat nya di gilir setiap bulan nya, dan kami akan menjadikan media Whats Ap atau media HP sebagai ajang Silaturahmi dan da’wah.

Lebih lanjut di katakan Mpok Sanny sebagai wakil Ketua Majlis Mentor Mahabbah, kami juga sangat antusias dalam menjalankan misi dakwah dan misi silaturahmi.

Semoga kami bisa istiqomah mengadakan Talim bulanan ini,tutup M Khotib Zaelani,S.Ag selaku ketua umum Majlis Mentor Mahabbah. (AW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *