Bawaslu Setempat Temukan Fakta Bupati Terpilih Kabupaten Sabu Raijua NTT Merupakan WNA AS

Bawaslu Setempat Temukan Fakta Bupati Terpilih Kabupaten Sabu Raijua NTT Merupakan WNA AS

ZONAINDONESIA.ID– Gegap gempita kemenangan Orient P Riwu Kore terpaksa harus tertahan.

Di lansir dari Gelora.co, Ia yang selangkah lagi akan dilantik sebagai Bupati Kabupaten Sabu Raijua di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ini sepertinya harus menunda untuk menduduki kursi nomor satu di kabupaten yang berbatasan dengan Australia itu.

Pasalnya, Bawaslu setempat menemukan fakta jika bupati terpilih tersebut merupakan Warga Negara Asing (WNA) asal Amerika Serikat (AS).

Fakta ini sendiri ditemukan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sabu Raijua usai melakukan mendapat konfirmasi dari Kedutaan Besar Amerika Serikat.
“Pihak Kedubes AS di Jakarta sudah memberikan konfirmasi dan mengiyakan bahwa yang bersangkutan masih berkewarganegaraan AS,” kata Ketua Bawaslu Sabu Raijua Yugi Tagi Huma dikutip dari Antara, Selasa, 2 Februari 2021.
Pihak Bawaslu sendiri menyebut bahwa pihaknya sudah melakukan penyelidikan kebenaran kabar tersebut sejak Januari 2021 lalu.
Bahkan, Yugi mengatakan bahwa sebelum tahapan Pilkada Sabu Raijua digelar, pihaknya sudah mengingatkan KPU Sabu Raijua terkait isu Orient bukan berkewarganegaraan Indonesia.

“Kami minta mereka jangan terburu-buru menetapkam bupati dan wakil bupati terpilih, tetapi akhirnya ditetapkan juga,” kata dia seperti dikutip dari Antara.
Kini, Bawaslu Sabu Raijua telah mengirimkan surat ke Imigrasi di Kupang dan kantor Imigrasi pusat.
Hal ini untuk mencari tahu kembali soal dugaan bupati terpilih Sabu Raijua masih berkewarganegaraan AS.

Ia menilai apa yang dilakukan Bupati terpilih tersebut merupakan pembohongan publik. Juga dianggap mencederai sistem perpolitikan di Indonesia.
Untuk kasus ini, pihaknya menyerahkannya ke KPU dan pemerintah untuk penanganan lebih lanjut.
Sebagai informasi, P. Riwu Kore mencalonkan diri sebagai Bupati Sabu Raijua pada Pilkada 2020.

Ia mencalonkan diri bersama Thobias Uly. Pasangan Orient-Tobias diusung oleh Partai Demokrat dan PDIP.
Lalu, Orient meraih 48,3 persen suara sah berdasarkan hasil rekap akhir KPU Sabu Raijua. Mereka mengalahkan dua paslon lainnya, yakni pasangan petahana Nikodemus NRihiHeke-YohanisYly Kale dan pasangan Takem Irianto Radja Pono-Herman Hegi Radja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *