Pemprov DKI Jakarta Perkecil Ukuran Lubang Kubur

Pemprov DKI Jakarta Perkecil Ukuran Lubang Kubur

ZONAINDONESIA.ID, JAKARTA- Lubang kubur adalah salah satu kebutuhan yang sangat di butuhkan untuk memakamkan orang yang telah meninggal dunia.

Akan tetapi lahan pemakaman di Ibu Kota semakin menipis hal ini lah yang membuat Pemerintah Propinsi DKI Jakarta mengambil kebijakan untuk memperkecil ukuran lubang kubur.

Kebijakan tersebut berlaku di Tempat Pemakaman Umum Bambu Apus dan berlaku juga untuk pemkaman jenazah pasien COVID-19

Dilansir dari Antara, Agus Muhaimin,Pengawas Pelaksana Khusus Pemakaman COVID-19 TPU Bambu Apus, dalam media sosial Sudin Kominfotik Jakarta Timur @Kominfotik_jt Jumat (29/01/2021) menjelaskan kebijakan tersebut di ambil guna meningkatkan daya tampung lahan. ” Kebijakan tersebut di ambil guna mingkatkan daya tampung lahan biasa nya perpetak makam berukuran 2,5 X 1,5 Meter Persegi kini di ringkas menjadi 1,2 X 2,2 Meter Persegi per lubang, dengan menghemat ukuran maka dapat menambah jumlah lubang makam hal ini membuat luasan TPU Bambu Apus yang bisa di gunakan sebanyak 3000 Meter Persegi “, ungkap nya.

Muhaimin menambahakan ” dari jumlah tersebut terbagi atas empat blad dengan rincian, tiga blad untuk pemakaman COVID-19 dan satu blad untuk pemakaman umum, daya tampung keempat blad sekitar 700 petak makam dengan ada nya penghematan ukuran maka bertambah menjadi 1500 petak makam di perkirakan jumlah petak makam yang bisa di persiapkan dilahan tersebut sekitar 850 hingga 900 lubang “, tutur nya.

TPU Bambu Apus menjadi pemakaman tambahan bagi jenazah pasien COVID-19 dan hingga Kamis (28/01/2021) kemarin sudah menapung sebanyak 306 jenazah pasien COVID-19.

Muhamin juga menyebutkan bahwa petugas penggali makam TPU Bambu Apus di tambah hingga sekitar 35 orang untuk penangan nya karena jenazah terus bertambah dan penggalian yang memakan waktu yang banyak.
(JS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *