Usai Dilantik Jenderal Listyo Janji Tampilkan Wajah Polri Humanis Dan Penegakan Hukum Berkeadilan

Usai Dilantik Jenderal Listyo Janji Tampilkan Wajah Polri Humanis Dan Penegakan Hukum Berkeadilan

ZONAINDONESIA.ID, JAKARTA- Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo akan berupaya menampilkan wajah Polri yang tegas namun humanis. Selain itu, ia juga berupaya memberikan pelayanan publik yang baik dan memberikan penegakan hukum berkeadilan.

“Bagaimana ke depan kami berangkat dari potret Polri di mata masyarakat, apa harapan masyarakat terhadap Polri, tentu bagaimana menampilkan Polri yang tegas namun humanis,” ujar Listyo usai dilantik Presiden Jokowi menjadi Kapolri di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1/2021).

“Bagaimana menampilkan Polri yang mampu memberikan pelayanan publik yang baik, pelayanan transparan, dan mampu memberikan penegakan hukum berkeadilan, ini tugas kami ke depan,” sambung dia.

Mantan Kabareskrim ini menjelaskan proses pelantikan dirinya sebagai Kapolri telah melalui proses yang panjang. Mulai dari adanya surat dari Presiden Jokowi yang menunjuk dirinya sebagai calon tunggal Kapolri dan mengirimkan surat tersebut ke DPR.

Kemudian, Listyo juga menjalani fit and proper test di Komisi III DPR dan akhirnya mendapat persetujuan. Lalu persetujuan ini dikukuhkan lagi dalam pengesahan Sidang Paripurna di Parlemen. “Maka hari ini secara resmi Bapak Presiden telah melantik saya jadi Kapolri yang ke-25,” tuturnya.

Kata Listyo, dirinya akan berupaya mewujudkan harapan masyarakat atas institusi Polri sebagaimana yang telah disampaikannya dalam fit and proper test. Adapun visinya ke depan mewujudkan Polri yang Presisi (prediktif, responbilitas, transpanransi dan keadilan).

“Ini komitmen kami bagaimana harapan masyarakat terhadap Polri betul-betul bisa kami tindak lanjuti sebagaimana dituangkan dalam rencana kami, transformasi di empat bidang dan akan melakukan rencana aksi di 16 program kegiatan,” ucap dia.

Sebagaimana diketahui, Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik Presiden Jokowi berdasarkan Keppres Nomor 5 Polri Tahun 2021 tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Listyo Sigit adalah perwira tinggi Polri yang lahir pada 5 Mei 1969 atau berusia 51 tahun. Berbagai jabatan strategis di Korps Bhayangkara pernah didudukinya, seperti Kabareskrim, Kadiv Propram, Kapolda Banten, Ajudan Presiden RI Joko Widodo dan Kapolresta Solo. Perwira yang malang melintang di dunia reserse ini juga merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991. Baca juga: Usai Dilantik, Kapolri Listyo Bicara Penegakan Prokes COVID-19 dan Pertumbuhan Ekonomi

Sejumlah kasus besar yang pernah ditanganinya antara lain penangkapan buronan Maria Lumowa yang merupakan tersangka kasus pembobolan Bank BNI hingga Rp1,7 triliun. Ia juga meringkus buronan Djoko Tjandra, beserta kasus-kasus lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *