Gunung Merapi Kembali Meletus Hari Ini

Gunung Merapi Kembali Meletus Hari Ini

ZONAINDONESIA.ID, JAWA TENGAH- Gunung merapi adalah gunung paling aktif dari beberapa gunung api yang ada di Indonesia.

Aktifitas nya kembali terlihat hari ini Rabu (27/01/2021) sekitar pukul 08:30 Wib, dan aktifitas terbesar nya di tunjukan pada siang sekitar pukul 13:00 Wib dengan letusan yang mengeluarkan gumpalan awan panas dan lava pijar.

Melansir dari Chanel News Asia Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebancanaan Geologi Hanik Humaida menjelaskan itu adalah aliran awan panas terpanjang Gunung Merapi sejak setatus nya naik menjadi siaga pada tahun lalu dan tingkat kewaspadaan Merapi masih di level tertinggi ke dua, masyarakat harus menghindari zona bahaya 5 Kilo Meter dari kawah gunung yang terletak di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah itu.

Dia juga menjelaskan pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah saat ini memantau Gunung Merapi dengan sangat cermat.

Gunung Merapi terakhir menujukan aktifitas vulkanik terbesar nya dengan letusan terbesar nya pada tahun tahun 2010 yang lalu dan menewaskan 347 orang.

Aktifitas Gunung Merapi sudah terlihat sejak kemarin Selasa (26/01/2021) dengan mengeluarakan letusan kecil yang melontarkan abu vulkanik yang membumbung keudara dan guguran material lain nya dari kawah gunung dan frekwensi semburan awan panas terihat lebih besar di hari ini dengan membawa lava pijar yang mengalir menuju kali krasak.

Dilaporkan daerah yang terdampak semburan abu vulkanik adalah wilayah Desa Ndeles, Klaten, Kemalang hingga mencapai Kecamatan Tamansari, Boyolali Jawa Tengah.

Dengan adanya aktifitas letusan Gunung Merapi masyarakat di minta agar selalu waspada karena sewaktu waktu dapat datang letusan susulan yang besar dari kawah Merapi dan masyarakat agar mengikuti setiap arahan dari petugas agar terhindar dari bahaya letusan yang sewaktu waktu dapat timbul tersebut.
(JS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *