Khasiat Tiga Bacaan Ratib Bagi Yang Mendawamkan Nya

Khasiat Tiga Bacaan Ratib Bagi Yang Mendawamkan Nya

ZONAINDONESIA.ID- Ratib adalah bacaan wirid atau zikiran yang sering di baca oleh Rosulullah Nabi Muhammad Salallahualaihi Wasalam yang susunan nya di rapihkan atau di tertibkan kembali oleh penyusun nya.

Asal kata ratib berasal dari kata tartib atau tertib yaitu tertib dalam susunan bacaan berkesinambungan dan di baca terus menerus tidak di baca dengan asal agar memberikan manfaat serta faedah bagi yang membaca dan yang mengamalkan nya.

Ratib sendiri ada tiga yang masing masing telah di susun oleh tiga orang aulia penyusun nya sedangkan isi dari bacaan ratib sendiri adalah ayat ayat Al Qur’an, zikir dan doa yang telah di susun sedemikian rupa oleh penyusun nya agar lebih mudah di baca dan di amalkan di mana saja seperti di masjid masjid, majelis majelis ta’lim, pengajian pengajian dan perkumpulan perkumpulan yang baik serta membawa kebaikan.

Sedangkan khasiat atau faedah dari ke tiga ratib tersebut bagi yang membaca atau mendawamkan nya adalah :

1. Ratib Al Haddad atau yang sering juga disebut ratibulhaddad bacaan ratib yang di susun oleh seorang ulama yang juga waliyullah yang berasal negri hadramaut Yaman Selatan yaitu Al Habib Abdullah bin Alwi bin Muhammad Al Haddad (1055-1132 H), di kutib dari Syek Abubakar bin Ahmad Al Maliabar dari syarah Al Imdad bi syarhi Ratib Al Haddad Halaman 55, di jelaskan pembacaan ratib Al Haddad yang paling baik adalah pada waktu isya dan subuh cukuplah sekali dalam tiap penbacaan nya sedangkan khasiat nya di jelaskan dalam kitab Wirdul Imam Al ‘Allamatud Dunya sebagian ulama salaf berkata bahwa khasiat ratib Alhaddad di antara nya adalah dapat memanjangkan umur menyebabkan husnul hotimah dapat menjaga dari bencana baik di darat laut dan udara.

Selain itu khasiat mebaca ratib Al Haddad juga dapat di mudahkan dalam urusan dunia dan akherat dan apabila di dalam satu rumah di bacakan ratib Al Haddad maka 40 rumah di sekeliling nya akan di jaga dari bahaya kebakaran dan pencurian serta orang yang membaca akan terhindar dari sihir juga terhindar dari sifat munafik serta akan di kabulkan hajat nya.

2. Ratib Al Athos ratib Al Athos di susun oleh seorang ulama besar waliyullah Al Habib Umar bin Abdurrahman Al Athos yang lahir pada 229 H atau 1572 M di desa Lisk dekat kota Inat Hadramaut Yaman Selatan di dalam kitab Al Qirthos di katakan oleh Al Habib Ali bin Hasan Al Athos ratib Al Athos adalah anungrah yang luar biasa dari Allah Ta’ala untuk umat islam yang di turunkan melalui Habib Umar bin Abdurrahman Al Athos yang berkhasiat di antara nya adalah apa bila bagi pembaca yang mendawamkan nya bila memiliki hajad bila di baca sebanyak 41 kali maka hajad nya akan terpenuhi, dan bila di baca dengan istiqomah akan di ampuni dosa nya bila di baca di dalam satu kampung maka kampung tersebut seperti di jaga oleh 70 pahlawan berkuda dan bila ada orang yang sedang ketakutan atau waswas lalu membaca ratib Al Athos maka akan terhindar dari segala yang menjadikan diri nya waswas dan takut.

3. Ratib Al Aydrus ratib Al Aydrus yang juga di sebut ratib Syamsu sumus karena ratib Al Aydrus adalah ratib yang mengawali ratib yang lain seperti ratib Al Haddad dan ratib Al Athos, ratib Al Aydrus di susun oleh seorang ulama waliyullah Al Habib Abdullah bin Abubakar Al Aydrus Al Akbar lahir 811 – 865 H atau 1391 – 1445 M di kota Tarim Hadramaut Yaman Selatan beliau adalah imam para wali di jaman nya.

Khasiat ratib Al Aydrus di jelaskan oleh para ulama salaf bagi para pembaca nya atau yang mendawamkan nya adalah akan menguatkan tauhid dalam keimanan, di mudahkan rezeki bagi yang istqomah membaca nya, Allah akan mengabulkan segala hajat nya, di beri ketenangan jiwa, di beri kemudahan dan pemahaman dalam menuntut ilmu, mempercepat tersingkap nya rahasia ta’bir khusyu dan mukasyfah atau tabir yang tersembunyi yang tidak semua orang dapat mengetahui nya serta meninggal dengan husnul hotimah.

Pada dasar nya semua ratib yang ada memiliki khasiat yang sama akan tetapi ada keutamaan tertentu dalam salah satu ratib dengan ratib yang lain nya yang di dasarkan pada situasi atau ke adaan saat ratib tersebut di susun maka mereka yang membaca dan mendawamkan ratib akan mendapatkan faedah yang sangat luar biasa.

Wallahualam bi sawab
(JS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *