Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bogor Dirikan Pos Pengunsian Untuk Koraban Banjir Bandang di Gunung Mas

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bogor Dirikan Pos Pengunsian Untuk Koraban Banjir Bandang di Gunung Mas

ZONAINDONESIA.ID, JAWA BARAT- Banjir bandang yang terjadi beberapa hari lalu di kawasan Gunung Mas Kabupaten Bogor Jawa Bawa Barat menyebabkan kerugian materi yang cukup banyak untuk warga yang menjadi korban bencana tersebut.

Rumah tinggal serta barang hingga kendaraan milik warga tak luput dari terjangan banjir bandang tersebut dan atas kejadian tersebut Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Bogor mendirikan posko pengungsian di lima titik lokasi bencana.

Seperti di kutip dari Tempo.co lima titik posko tersebut berada di Pondok Gunung Mas yang menampung 48 Kepala Keluarga yang terdiri dari 223 jiwa, Pos Rawadulang menampung 8 Kepala Keluarga terdiri dari 33 jiwa, pos pengungsian Cirohani menampung 2 Kepala Keluarga terdiri dari 15 jiwa, pos pengungsian Kampung Pensiunan menampung 111 Kepala Keluarga terdiri dari 416 jiwa, pos pengunsian Citeko menampung 11 Kepala Keluarga terdiri dari 30 jiwa.

Posko terpadu pengungsian tersebut sudah mendapat bantuan dari berbagai pihak di antara nya kebutuhan sandang pangan kebutuhan ibu dan balita kebutuhan ibu hamil serta obat obatan dan kebutuhan lain nya.

Posko terpadu pengungsian tersebut di dirikan di Guest House dan posko dapur umum dan posko kesehatan di bangun di titik lokasi pengungsian.

Tidak hanya mendirikan posko posko pengusian Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Bogor juga menanggulangi dampak dari bencana tersebut seperpti membersihkan lumpur serta sisa material yang terbawa banjir bandang tersebut

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Bogor Raya Al Fajar kepada ANTARA Rabu malam (20/01/2021) menjelaskan tim nya pada hari itu telah membersihkan material material yang terbawa banjir ” Pada hari ini kami telah melakukan pembersihan material material yang terbawa dibawa atau terbawa luapan air ” jelas nya.

Penanggulangan dampak banjir bandang tersebut di lakukan bahu mbahu oleh masyarakat dan tim gabungan atara Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Bogor, Pemadan Kebakaran, para relawan serta lembaga kemanusian juga oleh para komunitas.

Al Fajar menambahkan banyak material material seperti pohon tumbang yang terbawa arus ” Banyak material material yang terbawa arus sehingga ada satu rumah yang harus di pindahkan atau di relokasi ” kata nya.

Banjir bandang yang terjadi (19/01/2021) di Gunung Mas menyebabkan beberapa rumah rusak berat dan ringan, jembatan putus, tempat wisata rusak, jalan penghubung antar desa terputus.
(JS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *