Refleksi Akhir Tahun 2020 : Lembaga Takmir Masjid Dan Musholla Bamus Betawi Melangkah Pasti Di Tahun 2021

Refleksi Akhir Tahun 2020 : Lembaga Takmir Masjid Dan Musholla Bamus Betawi Melangkah Pasti Di Tahun 2021

ZONAINDONESIA.ID, JAKARTA- Salah satu ikhtiar dalam memakmurkan masjid dan Mushola adalah peran serta fungsi takmir masjid dan mushola lebih menentukan.Fungsi takmir tak ubahnya seperti pelayan para jamaah masjid dan bukan penguasa masjid. Demikian disampaikan Munir Arsyad selaku ketua Lembaga Takmir Masjid dan Mushola Bamus Betawi dalam sambutan nya.

Pengurus Lembaga Takmir Masjid dan Musholla Bamus Betawi telah dikukuhkan oleh Ketua Umum Bamus Betawi, H. Lulung AL, SH. Di Hotel Pradana,Jakarta Selatan,jelang akhir tahun 2020. Sekaligus refleksi Bamus Betawi.

“Takmir itu statusnya adalah pelayan jamaah, takmir bukan penguasa masjid,” kata H Lulung AL dalam sambutan pengukuhan.

Peran dan juga fungsi seorang takmir nanti bisa dilihat hasilnya jika peran serta fungsi takmir sebagai pelayan jamaah bisa diterapkan dengan baik,” ujarnya.

Namun selama ini ia tak menafikan masih banyak persepsi yang terbangun di lingkungan masyarakat bahwa takmir masjid adalah penguasa masjid itu sendiri. Bahkan persepsi ini juga melekat pada sebagian takmir di beberapa daerah.

Sebelum di mulai acara para pengurus yang hadir di periksa tim gugus covid-19, karena acara ini sesuai dengan protokol kesehatan, sebelum masuk ke aula, di cek suhu tubuh, di berikan hand sanitizer dan memakai masker, serta menjaga jarak.

Setelah acara pengukuhan pengurus di lanjutkan dengan penyerahan sertifikat wakaf Masjid kemudian di lanjutkan
Diskusi interaktif bertema “Mempertahankan Aset …” menghadirkan pembicara, H. Syarif Hidayatullah, S.IP, selaku
Sekjen Bamus Betawi,
Dr. Firdaus Turmudzi, M. Hum, selaku
Sekjen Lembaga Takmir Masjid dan Musholla Bamus Betawi,
H. Eka Jaya, selaku Ketum PEJABAT,
Siska Fitriyah, M. Sos,selaku Dosen FISIP UNAS dan H. Munier Arsyad, M. Pd selaku ketua Lembaga Takmir Masjid dan Mushola Bamus Betawi.

Firdaus Turmudzi, M.Hum mengatakan “Memakmurkan masjid dengan berbagai kegiatan yang positif memang tidak mudah tapi bukan tidak bisa. Makanya harus didorong strategi-strategi yang dirumuskan oleh takmir dan pengurus masjid yang lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut di katakan bahwa Masjid sebagai sentral umat Islam yang bisa menangkal aliran aliran Radikal atau tidak sesuai dengan ajaran Islam.

Selanjutnya di katakan H. Syarif Hidayatullah, S.IP, selaku
Sekjen Bamus Betawi,
“Peran takmir masjid hendaknya tidak hanya fokus pada bagaimana fisik masjid megah. Fisik masjid harus diukur sesuai dengan kebutuhan jamaahnya. Fokus objek yang lebih penting adalah pembinaan terhadap para jamaahnya.

“Takmir masjid jangan hanya fokus pada fisik masjid, tapi fokus pada jamaahnya, membina jamaah dan lain sebagainya. Fisik masjid tetap disesuaikan dengan kebutuhan jamaah,” jelas dia Sebagai pelayan jamaah masjid, lanjutnya, seorang takmir harus memberikan perhatian yang lebih, khususnya dalam hal melayani segala kebutuhan yang berkaitan langsung dengan upaya pemakmuran masjid.

“Masjid itu tidak boleh membebani jamaahnya, namun bagaimana masjid mensejahterakan masyarakat dan memberdayakan mereka,” Kata H Eka Jaya

Dalam acara ini juga di berikan sertifikat wakaf masjid, yang telah d urus oleh pengurus takmir masjid dan mushola Bamus Betawi.

Pengukuhan pengurus Takmir masjid dan Mushola Bamus Betawi di hadiri oleh H Lulung AL selaku ketua Bamus Betawi dan para pengurus Lembaga Takmir Masjid dan Mushola Bamus Betawi
Pimpinan Pusat serta Pimpinan 5 wilayah Kotamadya/Kabupaten dan Kecamatan se DKI Jakarta.

Ada slogan untuk takmir masjid yang di ciptakan Firdaus Turmudzi selaku Sekjen,
“Jika di sebut
Takmirrr …. Maka kita sambut dengan ucapan KHADIMUL UMMAH
“Jika di sebut MASJID… maka kita sambut dengan …. BAITULLAHI RAHMAH
” Jika di sebut Al MUSLIMUN …. IKHWANII FILLAH

Semoga kiprah Lembaga Takmir Masjid dan Mushola Bamus Betawi ini bisa bermanfaat untuk masyarakat umumnya,khususnya untuk Masjid dan Mushola , Aamiin Ya Rabbal’alamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *