Sinergi PEMDA DKI Jakarta Dengan Pemerintah Pusat, FPPJ:Apresiasi 3 Program Unggulan Sosial

Sinergi PEMDA DKI Jakarta Dengan Pemerintah Pusat, FPPJ:Apresiasi 3 Program Unggulan Sosial

ZONAINDONESIA.ID, JAKARTA- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta Bersinergi dengan pemerintah pusat untuk program unggulan dalam acara pada hari senin , 04 Januari 2020.

Pemerintah Pusat menyediakan tiga jenis program bantuan berupa Program Keluarga Harapan (PKH), Program Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Penyaluran bantuan sosial se-Indonesia ini dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo, secara simbolis di Istana Negara, Senin (4/1/2021), dan dihadiri secara virtual oleh seluruh Gubernur dari 34 Provinsi di Indonesia.

Penyerahan Bansos di Balaikota Jakarta turut dihadiri oleh 24 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dengan masing-masing penerima bantuan diwakili oleh 8 KPM.

Dalam sambutannya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, dampak pandemi Covid-19 mengakibatkan masalah ekonomi, sehingga kehadiran negara untuk mengurangi dampaknya akan sangat dibutuhkan.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah menjelaskan, proses penyaluran tiga jenis bantuan sosial yang bekerja sama dengan Pemerintah Pusat. Untuk Program Keluarga Harapan (PKH), penyalurannya akan dilakukan melalui rekening BNI. Bantuan PKH ini akan disalurkan dalam 4 tahap, yakni pada Januari, April, Juli dan Oktober 2021.

Untuk PKH, akan menyasar sejumlah kelompok, seperti keluarga yang di dalamnya terdapat ibu hamil, anak usia dini, anak sekolah, penyandang disabilitas , hingga lanjut usia. Besar bantuan di se keluarga bervarisasi sesuai dengan kelompok sasaran penerima bantuan yang dimiliki, setiap keluarga maksimal 4 kelompok sasaran.

“Pemprov DKI Jakarta juga memiliki bantuan serupa yang bersumber dari APBD dalam bentuk bantuan Kartu Jakarta Pintar (KJP) untuk anak sekolah, Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) bagi disabilitas, Kartu Lansia Jakarta (KLJ) bagia lansia, dan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan APBD,” ujar Irmansyah.

Sementara itu Ketua Forum Pemuda Peduli Jakarta, Endriansyah mengatakan dengan ada nya tiga program bantuan yang diberikan pleh Pemerintah Pusat sangat membantu masyarakat Jakarta, apalagi Jakarta masih PSBB transisi dan keadaan ekonomi yang belum juga pulih.

“Pihak FPPJ mengajak juga masyarakat untuk mengawal tiga program tersebut, dan tidak lupa juga dengan ada nya bantuan yang diberikan oleh Pemerintah jangan sekali-kali dibelikan rokok atau yang tidak bermanfaat,” kata Endriansyah saat dikonfirmasi oleh wartawan di Jakarta.

Menurut FPPJ, bantuan sosial (Bansos) ini semoga saja bisa tepat sasaran kepada masyarakat Jakarta yang benar-benar membutuhkan, dan tidak ada lagi bansos yang di salah gunakan atau di korupsi oleh oknum pejabat setempat.

“Saya sangat mengapresiasi terhadap Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang telah mengoptimalkan bantuan sosial kepada masyarakat Jakarta, semoga saja bisa membantu perekonomian warga Jakarta,” Kata Rian

FPPJ berharap kinerja dinas sosial ke depan juga akan selalu baik untuk kepentingan masyarakat DKI Jakarta khususnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *