Perayaan Hari Liong Dan Barongsai Dunia Dilaksanakan Sesuai Dengan Protokol Kesehatan

Perayaan Hari Liong Dan Barongsai Dunia Dilaksanakan Sesuai Dengan Protokol Kesehatan

ZONAINDONESIA.ID, JAKARTA– Ketua Umum Persaudaraan Wanita Etnis, Tionghoa Indonesia (PERWANTI) dan Wakil Ketua Umum Pusat Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI), Surijaty Aminan menghadiri Perayaan Hari Liong dan Barongsai Dunia yang diselenggarakan setiap tanggal 1 Januari.

Perayaan Hari Liong dan Barongsai Dunia yang diprakarsai oleh Persatuan Liang Barongsai Seluruh Indonesia (PLBSI) ini sudah 5 tahun dirayakan oleh PB PLBSI di Indonesia dan negara-negara lain di dunia bertujuan untuk mengembangkan budaya dan olahraga tradisional Liong dan Barongsai diseluruh dunia.

Namun, dimasa global pandemi Covid-19 ini, perayaan Hari Liong dan Barongsai Dunia di Indonesia ini dilaksanakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Para pegiat Liong dan Barongsai tidak lagi menampilkan keterampilannya dalam memukul tambur atau memainkan Liong dan Barongsai untuk mencegah kerumunan.

Pada perayaan kali ini, PB PLBSI menampikan latar belakang Liong dan Barongsai dengan Bendera dan Panji yang juga dilakukan secara virtual melalui zoom yang dihadiri beberapa anggota dan pengurus PLBSI, juga Ketua KORMI Kalimanta Barat.

Dalam perayaan yang digelar di Pantjoran PIK Jakarta Utara ini dihadiri oleh Prof DR Nurdin Purnomo, Ketum PB PLBSI, Ripka Widjaja SekJend PB PLBSI, Ibu Surijati Aminan 陈清慧 Ketua Umum pusat PERWANTI (Persaudaraan Wanita Tionghoa Indonesia) dan Penasehat PB PLBSI, juga dihadiri oleh beberapa pengurus PLBSI lainnya.

Dalam kesempatan ini, Ibu Surijati menyampaikan Ucapan Selamat Tahun Baru agar di tahun 2021 ini menjadi lebih baik dan tetap menjaga diri dalam masa pandemic ini, agar menerapkan 3M (Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan).

Dalam kegiatan yang sangat aktif di organisasi ini, ibu Surijati mengatakan siap mendukung kegiatan PLBSI dengan keberadaan organisasinya dibeberapa Provinsi.

“Kegiatan yang melestarikan budaya Tionghoa harus didukung dan dilaksanakan dari waktu ke waktu,” papar Surijati Aminan Jumat, (1/1/2021).

Dalam sambutannya, Prof DR Nurdin Purnomo menyampaikan PLBSI adalah pemerkasa Hari Liong dan Barongsai Dunia sebagai pegiat olahraga Masyarakat dibidang Liong dan Barongsai harus terus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat luas.

Meski pun saat ini ada permintaan atraksi Barongsai pada perayaan ini, namun kita harus sangat hati-hati dan tetap menjaga jarak sesuai protokol kesehatan pemerintah.

“Oleh sebab itu, perayaan Hari Liong dan Barongsai tahun ini tanpa adanya atraksi Liong dan Barongsai serta iringan musik tambur Liong Barongsai. Yang paling penting kita semua harus disiplin mengikuti protokol kesehatan pemerintah dan berolahraga, meskipun dirumah,” ujar Prof DR Nurdin Purnomo.

Pada perayaan Liong dan Barongsai tahun 2021 yang dilaksanakan di Pantjoran PIK Jakarta Utara ini bertujuan untuk melestarikan kebudayaan dan tradisional Tionghoa serta memasyarakatkan olahraga Liong dan Barongsai di dunia.

Ketua Umum PB PLBSI juga mengucapkan Selamat Tahun Baru dengan harapan Tahun 2021 lebih baik dari tahun sebelumnya yang cukup sulit dirasakan oleh masyarakat luas di berbagai kalangan.

“Selamat Tahun Baru 2021 dengan harapan tahun ini menjadi tahun yang lebih baik untuk kita semua,” pungkas Prof DR Nurdin Purnomo. Fahmy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *