Syech Yusuf Berniat Melaksanakan Rukun Islam Ke – 5 Dengan Jalan Kaki Dari Indonesia Ke Mekkah Arab Saudi

Syech Yusuf Berniat Melaksanakan Rukun Islam Ke – 5 Dengan Jalan Kaki Dari Indonesia Ke Mekkah Arab Saudi

ZONAINDONESIA.ID, JAKARTA- Syech Yusuf seorang Da,i yang Istiqomah dalam Dakwah dan Puasa Nabi Daud, berniat melaksanakan Ibadah Haji dengan cara berjalan kaki pada hari Senin (21/12/2020), yang akan di mulai dari Masjid Jami Kebon Jeruk, Jakarta Barat Indonesia usai Shalat Dzuhur Pukul 13.00 Wib, terus sampai menuju ke Mekkah, Arab Saudi.

Pemilik nama lengkap Muhamad Yusuf Rahim Piliang yang akrab di panggil Syech Yusuf, Lahir di Padang 29-09-1975, mempunyai seorang Istri dan 4 orang anak yang tinggal di Kampung Renged Rt/rw 009/003 Desa/kel Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Sukabumi Jawa Barat, anak pertama nya sudah bekerja menjadi guru di Pondok Pesantren.

Kenapa memilih Puasa Nabi Daud? lalu Syech Yusuf menjelaskan, “Bahwa puasa nabi Daud merupakan salah satu puasa sunah yag paling disukai oleh Allah SWT”. Hal ini telah dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan Bukhari dari Abdullah bin Amir bin Al Ash. Sahabat itu menuturkan Rasulullah Muhammad SAW bersabda:

“Sebaik-baik salat di sisi Allah adalah salatnya Nabi Daud ‘alaihis salam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau salat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu sehari puasa dan tidak puasa di hari berikutnya.”

Hadis ini menerangkan bagaimana Nabi Daud AS menjalankan ibadah, salah satunya puasa. Hadis itu pula menyiratkan bagaimana puasa sunah Daud dijalankan. Terdapat hadis lain yang menjelaskan kedudukan Puasa Daud. Hadits itu diriwayatkan oleh Bukhari:

“Rasulullah Muhammad SAW bersabda, ‘Maka berpuasalah engkau sehari dan berbuka sehari, inilah (yang dinamakan) puasa Daud ‘alaihissalam dan ini adalah puasa yang paling afdlal. Lalu aku (Abdullah bin Amru radhialahu ‘anhu) berkata sesungguhnya aku mampu untuk puasa lebih dari itu, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berkata: “Tidak ada puasa yang lebih afdhal dari itu.”

Puasa Nabi Daud yang dilakukan secara selang-seling merupakan puasa sunnah yang paling utama. Keutamaan puasa Daud ini sebagaimana yang tertuang pada salah satu hadis, yaitu:

“Puasalah sehari dan berbukalah sehari, karena yang demikian itu adalah seutama-utamanya puasa itulah puasa saudaraku Daud ‘alaihissalam.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Rukun Islam terdiri daripada lima perkara, yaitu: 1. Syahadat: menyatakan tiada Tuhan selain Allah, dan Muhammad itu utusan Allah. 2. Shalat: ibadah sembahyang lima waktu sehari. 3. Zakat: memberikan 2,5% dari uang simpanan kepada orang miskin atau yang membutuhkan. 4. Saum: berpuasa dan mengendalikan diri selama bulan suci Ramadan. 5. Haji: pergi beribadah ke Mekkah, setidaknya sekali seumur hidup bagi mereka yang mampu.

Dengan melaksanakan Rukun Islam Ke – 5 Insyaallah akan menyempurnakan keyakinan saya sebagai hamba Allah, dengan menunaikan ibadah haji semampu saya dengan cara berjalan kaki dari Indonesia ke Mekkah Arab Saudi, semoga ini dapat memberi contoh untuk yang lain, dan saya akan menulis perjalanan saya dari Indonesia sampai ke Mekkah, Jelas Syech Yusuf.

Dengan bekal Paspor, baju 1 lembar (jubah), kaos oblong 1 lembar, celana 2 lembar, peralatan mandi (Siwak) dan sabun, sarung 1 lembar, uang sekedarnya, Tas ransel dan tongkat, Hand Phone Jadul Pemberian dari Bapak Roedi Susyanto, Pimpinan Umum Zona Media Nusantara, yang penting bisa untuk komunikasi dengan keluarga dan untuk memberikan informasi ke redaksi Zona Media Nusantara (ZMN) Group, pungkas Syech Yusuf.

Editor : Fahmy Nurdin
Sumber : Zona Media Nusantara Group

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *