Webinar Forum Diskusi Publik “Peran Generasi Milenial Membangkitkan UMKM Kuliner Madura Melalui Media Sosial”

ZONAINDONESIA.ID, JAKARTA- Ditjen IKP Kemkominfo RI
bekerjasama dengan DPR RI menggelar Webinar Forum Diskusi Publik dengan mengambil
Tema ”Peran Generasi Milenial Membangkitkan UMKM Kuliner Madura Melalui Media Sosial” acara melalui Zoom Cloud Meeting,dan live streaming chanel youtube SwaraSenayan http://www.youtube.com/watch?v=7WUS09exBkc,Kamis, 03 Desember 2020

Sebelum di mulai diskusi ada penyampaian Keynote Speaker oleh
Prof. Dr. Widodo Muktiyo selaku Direktur Jendral IKP Kementrian Kominfo RI beliau katakan sesuai dengan arahan Presiden Jokowi road map UMKM harus di kembangkan dan bisa melahirkan UMKM UMKM muda dan ekonomi kerakyatan.

Kami dari Kominfo sangat mendukung acara ini, terus kembangkan UMKM UMKM,dan Terima kasih juga kepada anggota DPR Pak Imron Amin yang dari Dapil Madura tutup dari Prof Widodo

Narasumber yang di hadirkan yakni
R. Imron Amin, S.H, M.H selaku Anggota Komisi I DPR RI, Septriana Tangkary selaku Direktur IKPM, Ditjen IKP Kementerian Kominfo RI dan Aan Yugiastomo selaku CEO Tretan Praktisi E-Commerce.

Apa itu UMKM menurut UU No 20 tahun 2008 UMKM adalah usaha perdagangan yang di kelola oleh perorangan atau badan usaha yang merujuk pada usaha ekonomi produktif

Kondisi perekonomian Indonesia sebelum krisis rata rata pertumbuhan ekonomi Indoneaia 7,4 % , pada saat krisis 98 pertumbuhan ekonomi minus 13,1 % , sektor industri manufaktur yang paling terpuruk.

Peran UMKM bagi perekonomian meningkatkan peluang kerja

Sebagai anggota DPR RI Dapil Madura,UMKM di Madura sedang berkembang, dan perlu di maksimalkan lagi. Dengan pemanfaatan TIK untuk meningkatkan daya saing.

Di Era globalisasi ini kita harus tingkatkan kualitas kita khususnya di bidang teknologi dan informasi.

Komisi I DPR sebagai partner Kominfo akan terus meningkatkan jaringan internet untuk masyarakat, dan Prof Widodo ini sebagai perwakilan Kominfo.

Peran Komisi I DPR RI untuk meningkatkan atau promosikan UMKM di Madura ini harus ada konseptor,motivator promotor, investor, eksekutor dan harus ada provokatornya yang positif, tutup R Imron Amin

Narasumber kedua di sampaikan oleh Septriana Tangkary selaku Direktur IKPM, Ditjen IKP Kementerian Kominfo RI

“Total pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 175,4 juta atau 64 %.dan pengguna nya mayoritas kelompok milenial

Kemkominfo sebagai pengampy fungsi GPR memberikan dukungan penuh.

Kuliner Madura sangat berpotensi untuk Go Internasional.

“Bahwa sudah banyak peluang peluang yang di berikan pemerintah untuk masyarakat.

Program pemerintah Gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia ,kita harus cinta produk dalam negeri , dengan membeli dan memakai produk produk dalam negeri, tutupnya.

Narasumber terakhir yakni Aan Yugiastomo selaku CEO Tretan, pelaku E Commerce,
Sudah banyak yang di sampaikan materi pada narasumber sebelumnya, saya di sini memaparkan prakteknya saja.
“Bagaimana saya dan kawan kawan membangun E Commerce, Tretan.

Kalo kita perhatikan jiwa kemandirian orang Madura sangat luar biasa, banyak orang Madura berjualan sate, soto.

Jiwa kemandirian orang Madura jauh lebih tinggi, mereka kreatif, pergi merantau kemana mana.

Beberapa kuliner Madura masih banyak yang manual, seperti contoh jualan sate madura, kipasnya sendiri padahal ada teknologi yang bisa membantu pekerjaan mereka.

Generasi milenial ini jangan kehilangan akal untuk berinovasi, produktif untuk mengembangkan UMKM ini, tutup Aan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *