Seminar Merajut Nusantara Bersama H. Bachrudin Nasori

ZONAINDONESIA.ID, JAKARTA- Kominfo melalui BAKTI dan Komisi I DPR RI kembali menggelar Seminar Merajut Nusantara melalui Zoom Meeting Webinar “Pemanfaatan TIK Sebagai Media Edukasi dan Bisnis” dan di siarkan live streaming chanel YouTube SwaraSenayan http://www.youtube.com/watch?v=fvjz5GQ3p3c, Sabtu /28 November 2020.

Menghadirkan narasumber H. Bachrudin Nasori, S.Si, M.M selaku
Anggota Komisi I DPR RI, Mohammad Taufik Hidayat selaku Kasubag Pemberitaan Kominfo dan Roy Suryo selaku Pakar Telematika Indonesia.

Sebelum di mulai acara di hadirkan tarian budaya nusantara dan para peserta Zoom Meeting berdiri menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Dengan tema yang sangat bagus tentang pemanfaatan TIK sebagai media edukasi dan bisnis, salah satu program yang dibuat ialah SIBERKREASI yaitu untuk pengembangan SDM dan literasi digital.

Paparan pertama di sampaikan oleh H. Bachrudin Nasori, S.Si, M.M, selaku anggota DPR RI Komisi I Fraksi PKB berikut penyampaian materi beliau,
“DPR RI Komisi I sebagai partner Kominfo melalui BAKTI oleh karena nya kita buat acara Webinar ini.

Teknologi informasi saat pandemi Covid-19 ini semakin di manfaatkan, terutama Kominfo ini semakin gencar dalam mensosialisasikan dan membantu masyarakat melalui BAKTI untuk memberikan akses internet.

Teknologi Informasi bagaikan pisau, kalau kita salah menggunakan bisa menusuk, TIK miliki dua fungsi utama yakni sebagai alat dan sebagai pengetahuan.

Dunia pendidikan saat pandemi ini pembelajaran nya online, oleh karena itu kita harus memanfaatkan teknologi informasi ini.

Teknologi dan informasi juga mempermudah pelaku usaha untuk mempromosikan usahanya , tutupnya.

Narasumber kedua di sampaikan oleh M Taufik Hidayat selaku Kasubag Pemberitaan Kominfo

Beliau mengatakan
“Pemanfaatan TIK sebagai media edukasi dan bisnis di masa pandemi”

Kita masuki era Society 5.0 di mana kita bisa menjangkau lebih cepat dalam berkomunikasi.

Super Smart Society 5.0 areCyberspace and physical space (real society) are highly integrated.

Sejak tahun 2019 ada E-Health halodoc, literasi digital, UMKM digital, E Education, sesuai dengan pidato Presiden Jokowi jadikan Pandemi covid -19 sebagai momentum transformasi digital ” segera lakukan percepatan perluasan akaes dan infrastruktur digital di 12.500 desa/kelurahan serta di titik titik layanan publik.

Kominfo melalui program BAKTI Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi akan menyediakan infrastruktur di daerah yang belum ada akses internet nya .

Bakti telah membangun 7542 akses internet dan 1606 BTS sinyal, perencanaan satelit multifungsi akan di bangun juga oleh BAKTI.

Salah satu program Kominfo,Program online Siberkreasi,Program online academy target nya 40 ribu peserta, tema pelatihan android develover, digital skills, dll

Komisi I DPR RI sebagai partner Kominfo mendukung penuh dan telah menyetujui anggaran 16.9 Triliun untuk mempercepat percepatan akses internet atau digital, banyak ajang ajang pelatihan dari Kominfo untuk masyarakat, jadi masyarakat silahkan akses website Kominfo atau hubungi Humas Kominfo, tutupnya.

Narasumber terakhir di sampaikan oleh Roy Suryo selaku Pakar Telematika Indonesia.

“Saya dulu memang di Komisi I DPR tapi sekarang saya telah kembali ke Khittah atau kembali ke asal menjadi pakar telematika.

“Teknologi itu tak bisa kita hindari, harus kita pelajari teknologi tersebut, kemajuan teknologi perlu di imbangi dengan tersedianya perangkat legal.

Ketentuan pidana bidang IT yang ada di Indonesia UU RI No 11/2008 ttg Informasi & Transaksi Elektronik menjadi UU RI No 19 /2016
UU RI No 36/1999 ttg Telekomunikasi, UU terkait nya UU RI No 3/2011 ttg Transfer Dana, UU RI no 8/2008 ttg tindak pidana pencucian uang, UU RI No 23/2002 ttg Perlindungan anak dan UU RI No 44/2008 ttg Pornografi.

Semua dari kita harus belajar teknologi,
Jangan malu belajar teknologi, Presiden pun belajar teknologi,jadi mari sama sama kita belajar.

Pandemi membawa perubahan besar dalam tatanan kehidupan,yakni new normal,semua wajib mengikuti protokol kesehatan.

Peluang dan keharusan penggunaan teknologi informasi untuk semua bidang termasuk di dunia bisnis dan edukasi.

Penggunaan teknologi perlu di imbangi dengan penerapan hukum ITE untuk mencegah new crimes, Frauds and Negative Externatilities, tutup Roy Suryo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *