BAKTI Kominfo Dan DPR RI Gelar Seminar Merajut Nusantara

ZONAINDONESIA.ID-Seminar merajut Nusantara dengan tema :
“Pemanfaatan TIK Sebagai Media Edukasi dan Bisnis” Kembali di gelar Kominfo melalui BAKTI dan DPR RI,Kamis /26 Oktober 2020,acara ini di siarkan live via YouTube channel SwaraSenayan http://www.youtube.com/watch?v=zWEoyFcogpY.

Menghadirkan narasumber R. Imron Amin, S.H, M.H selaku
Anggota Komisi I DPR RI, Prof Henri Subiakto selaku Staf ahli Menteri Kominfo RI dan Eric Hermawan selaku Chairman EH Corporation.

Paparan pertama di sampaikan oleh R. Imron Amin, S.H, M.H selaku
Anggota Komisi I DPR RI yang saat di hubungi oleh pembawa acara berada di Turki.

“Berbicara masalah bisnis pada saat ini tentu tidak bisa dilepaskan dari teknologi. Banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung kemajuan bisnis dan mendapatkan keuntungan yang di inginkan.

Beberapa manfaat TIK dalam dunia bisnis diantaranya proses promosi yang mudah, murah dan bagi pebisnis baru, dengan adanya internet mereka bisa promosikan usahanya Tutup R Imron dalam paparannya.

Narasumber kedua di sampaikan Prof Hendri,beliau menyampaikan bahwa saat ini peran internet semakin penting dalam kehidupan sosial, ekonomi dan politik di dunia global.

Membangun Smart Indonesia di tahun 2045,pelayanan dan aktivitas pendidikan e Learning ,aktivitas kesehatan juga ada E-Health, aktivitas e Commerce dan bisnis digital,semua ini kuncinya adalah pemanfaatan internet secara produktif.

Di masa pandemi ini terjadi pelonjakan internet, tanpa di sadari transformasi digital berjalan lebih cepat.
Contohnya penggunaan aplikasi seperti Zoom Merting marak di gunakan.

Medsos menjadi ajang aktivitas digital, membentuk kebenaran semu lewat kegaduhan, medsos juga menjadi sumber disinformasi dan menciptakan The economy of attention, perhatian sebagai komoditas(Syifa Vaidhyanathan, 2019).

Mengajak publik untuk kreatif, dengan kreatif sukses menyelesaikan persoalan, lebih di hargai , lebih fleksibel.

Di masa pandemi ini kita harus kreatif, berkarya , berbisnis dari rumah, contohnya Awkarin dan Awkenyang kreativitas ibu dan anak, pendapatan nya 250 juta perbulan.

Senam online membawa berkah di saat pandemi, panduan senam lansia, yoga, Zumba bisa di lakukan di rumah, tanpa harus ke rumah, jadilah kreatif di masa pandemi ini, tutup Prof Henri.

Narasumber terakhir di sampaikan oleh Eric Hermawan selaku Chairman EH Corporation

Beliau sampaikan,”Pemanfaatan TIK sebagai media bisnis virtual, hasil survei Poling Indonesia 2018 , anak anak usia 5 tahun sudah gunakan internet dan di masa pandemi ini semua usia menggunakan internet , karena pembelajaran di lakukan secara online.

Sejak bulan Maret 2020,WHO telah tetapkan Pandemi dan Indonesia pun menetapkan sebagai bencana nasional.

Semua lini bisnis drop 90 %, kecuali bisnis event virtual melalui pemanfaatan TIK , Webinar yang saat ini kita lakukan.

Learning Management System (LMS) akan jadi bisnis yang di gunakan di masa pandemi ini.
Contohnya Zoommeeting, Google Talk, dan lain lain.

Penetrasi penggunaan internet di Indonesia semakin meningkat, semua nya serba online, oleh karena nya kita harus memanfaatkan teknologi TIK ini, tutup Eric.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *