Webinar “Pemanfaatan TIK Sebagai Media Edukasi dan Bisnis” Di Gelar Kominfo Dan DPR RI

ZONAINDONESIA.ID, JAKARTA– Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo ) melalui BAKTI Kominfo yang bekerjasama dengan DPR RI kembali menggelar acara seminar merajut nusantara dengan tema: “Pemanfaatan TIK Sebagai Media Edukasi dan Bisnis”, Minggu/22 November 2020. Melalui aplikasi Zoom Meeting dan di siarkan live via YouTube SwaraSenayan http://www.youtube.com/watch?v=5uHMfqdqTaM

Bersama narasumber :
R. Imron Amin, S.H, M.H selaku
Anggota Komisi I DPR RI, Ferdinandus Setu selaku Plt Kepala Biro Humas, KemKominfo RI dan Dr Abdur Rezeki selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Sunan Kalijaga.

Sebelum di mulai acara ini, di hadirkan tarian Nusantara, acara di ikuti peserta yang terdiri dari mahasiswa dan elemen organisasi masyarakat
, berjalan sangat menarik dan interaktif.

Paparan pertama narasumber oleh R. Imron Amin, S.H, M.H selaku
Anggota Komisi I DPR RI, “mengutip UNESCO Intitute for Statistics,TIK adalah perangkat teknologi dan sumber daya yang beragam yang di gunakan untuk mengirimkan, menyimpan, membuat,berbagi atau bertukar informasi.

Berbicara masalah bisnis pada saat ini tentu tidak bisa dilepaskan dari teknologi. Banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung kemajuan bisnis dan mendapatkan keuntungan yang diingingkan. Beberapa manfaat TIK dalam dunia bisnis diantaranya proses promosi yang mudah, murah dan efektif. Yakni dengan memanfaatkan media sosial. Bahkan bagi pebisnis baru, dengan adanya internet mereka cukup membuka toko online, sehingga meminimalisasi biaya operasional. Begitupun dalam dunia pendidikan TIK jelas mempunyai manfaat yang cukup besar, salah satunya adalah mudahnya pelajar masyarakat mengeksplorasi informasi diseluruh dunia dengan lebih efektif dan efisien hanya dengan mengakses internet, Tutup R Imron dalam paparannya.

Materi kedua di sampaikan oleh Ferdinandus Setu selaku Plt Kepala Biro Humas, KemKominfo RI, beliau menyampaikan bahwa saat ini peran internet semakin penting dalam kehidupan sosial, ekonomi dan politik di dunia global.

Setiap tahun internet semakin mempengaruhi kehidupan manusia, dan tak dapat di sangkal teknologi telah berubah peradaban dunia dengan cepat.

Istilah saat ini, Harta, Tahta, Wanita dan ada satu kata lagi yakni Kuota, karena saat ini Kuota telah menjadi kebutuhan, ungkap Ferdinan.

Mari manfaatkan segala fasilitas yang telah dibangun Pemerintah, untuk meningkatkan kualitas SDM kita, sehingga meningkatkan daya saing bangsa di Kanca Internasional,.

Pada era masa pandemi ini banyak masyarakat yang memanfaatkan media sosial sebagai objek bisnis. Oleh karena itu, Kominfo melalui program BAKTI terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat guna meningkatkan penggunaan media sosial dalam kegiatan yang bermanfaat dan menguntungkan.

Narasumber terakhir oleh Dr Abdur Rozak selaku wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Sunan Kalijaga.Beliau menyampaikan bahwa perkembangan teknologi media menciptakan diskusi dan pergeseran dalam dunia pendidikan dan bisnis.

Pandemi Covid-19 mempercepat proses perpindahan kepada digital platform, mulai dari pendidikan, ekonomi, seni, politik sampai perjodohan.

Digital platform dapat mempertemukan aset ekonomi yang berkembang di masyarakat untuk mendorong kesejahteraan, sebagaimana perkembangan wisata desa yang di kelola oleh BUMDes.

Dalam dunia bisnis juga terjadi pergeseran dari product based ke platform based, dari owning economy ke sharing economy.

Dalam dunia pendidikan, mahasiswa dapat mengembangkan kemandirian ekonomi dengan cara jadi Youtuber. Tutup Abdur Rozak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *