The Man Who Planted Trees

ZONAINDONESIA.ID-    Oleh : Agus Fatah ( Aktivis Konservasi AN NAHL Ecopark)

Dahulu ketika perang dunia pertama meletus, ditengah kesunyian Vergon, desa terpencil dan tandus di Prancis, ada seorang lelaki bernama Elezeard Bouffier yang tinggal seorang diri dan menanam pohon di desa kerontang yang dihuninya. Setiap hari ia menghabiskan waktunya untuk menanam pohon.

Pada Tahun 1913 Jean Giono seorang penulis terkenal asal Prancis bertemu dengan Elezeard Bouffier. Melihat aktivitas Bouffier menanam pohon, Jean Berpikir Bouffier sekedar iseng menanam pohon, demi membunuh kebosanannya memelihara kambing. Tetapi, demi dilihatnya Bouffier sengaja menyiapkan 100 batang pohon perhari untuk ditanam Jean tercenung. Dia lalu memutuskan tinggal bersama lelaki sebatang kara itu beberapa hari lagi.

Dalam tulisannya yang terkenal, The Man Who Planted Trees, Jean yakin Bouffier tak akan bertahan lama menekuni pekerjaannya menanam pohon. Ketika perang berakhir, banyak orang berlomba membuat kerusakan di muka bumi, siapakah yang bisa bertahan lama berbuat kebaikan sendirian?. Tetapi, keyakinan Jean Giono salah.

Pada tahun 1945 ketika perang dunia kembali bergejolak, Jean datang kembali ke Vergon. Alangkah kagetnya Jean ketika ia menyaksikan Bouffier tetap tekun dengan pekerjaannya semula : menanam pohon demi pohon!.

Hanya saja, berbeda dibanding 32 tahun lalu, Vergon kini telah berubah menjadi kampung yang rindang. Jika dulu Bouffier bersusah payah mencari air untuk menyirami pohon-pohon yang meranggas, kini di kampung itu justru terdengar gemericik air dari sungai kecil. Dia juga sengaja memotong semua kambingnya agar hewan hewan itu tidak memakan daun-daun muda di hutan kesayangannya.

Pada tahun 1953, enam tahun setelah wafatnya Bouffier, Jean datang untuk kali terakhir ke Vergon. Disana tinggal 10 ribu orang yang menjadikan Bouffier sebagai pahlawan. Padahal, ketika Bouffier mulai menanam pohon di kampung itu 40 tahun lalu, disana cuma tinggal 12 kepala keluarga dengan segenap kesusahan.

Bouffier kini telah meninggalkan desa Vergon untuk selamanya tapi kerja keras dan cerdasnya menanam begitu banyak pohon di desa Vergon membuat dirinya tetap tinggal dihati warga desa Vergon, sebagai pahlawan lingkungan yang dibanggakan.

Menanam pohon adalah perintah Rasulullah SAW yang harus diperhatikan dan dilakukan oleh setiap muslim. Rasulullah SAW bersabda :

“Jika hari kiamat telah tegak, sedang ditangan seorang diantara kalian terdapat bibit pohon (kurma), jika ia mampu untuk tidak berdiri sampai ia menanamnya, maka lakukanlah.” HR: Ahmad No. 3/183,184,191

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *