Umar Dan Sehelai Daun Hijau yang Jatuh

ZONAINDONESIA.ID-    Oleh : Agus Fatah (Aktivis AN NAHL Ecopark

Siapa yang tak kenal Umar bin Khattab, tokoh paling kontroversial sebelum mendapat hidayah dan menjadi tokoh fenomenal setelah mendapat Hidayah dari Allah SWT.

Adalah Rasulullah Muhammad SAW yang berdoa agar Umar bisa mengokohkan Islam. Masuknya Umar ke dalam Islam menjadi titik balik kehidupannya, dari memusuhi Islam habis habisan menjadi pembela Islam hingga titik darah penghabisan. Dari sahabat sejati syaitan hingga menjadi manusia yang paling ditakuti syaitan.

Umar bin Khattab adalah pemimpin ummat Islam yang menggantikan Abu Bakar karena wafat. Umar bin Khattab adalah pemimpin yang adil dan tegas dalam menegakkan aturan. Bahkan beliau adalah orang yang paling bertanggung jawab terhadap aturan yang dibuatnya termasuk dalam penegakan peraturan tentang perlindungan terhadap makhluk hidup lain, seperti pohon misalnya.

Umar adalah pemimpin yang sangat peduli pada lingkungan, beliau juga senang berkebun, bahkan saking asyiknya berkebun beliau pernah ketinggalan sholat berjamaah. Ia pun merasa bersalah, demi menembus rasa bersalah nya akhirnya Umar menghibahkan kebunnya untuk kepentingan ummat Islam.

Dimasa kepemimpinan Umar, sistem drainase air dibangun dan pohon pohon mendapat perlindungan khusus dari Umar. Tidak boleh seseorang merusak pepohonan walau hanya memetik daun hijaunya jika tidak ada tujuan yang baik dan Umar bersedia pasang badan demi melindungi pohon dimanapun pohon itu berada.

Suatu hari demi melindungi pohon Umar bin Khattab membuat pernyataan yang menunjukkan komitmen tingginya pada perlindungan (konservasi) tanaman.
Berikut pernyataan Umar,

“Seandainya ada selembar daun hijau jatuh (ada yang memetik atau mengambilnya), maka Umar bertanggung jawab atas hal tersebut”

Kita bisa bayangkan betapa kuatnya komitmen Umar bin Khattab ini terhadap perlindungan tanaman.

Subhanallah, Allahu Akbar, begitulah Umar, sosok pemimpin yang menyadari benar perannya sebagai Khalifah fiil ardhi (wakil Allah SWT di bumi) yang diberi amanah memelihara, dan melindungi (konservasi) dan memperbaiki (islah) bumi beserta isinya agar tetap lestari.

Di tengah makin rusaknya kualitas lingkungan akibat penebangan pohon terutama di hutan secara ilegal dan dilegalkan, kita membutuhkan sosok pemimpin berkualitas seperti Umar bin Khattab yang komitmennya pada kelestarian lingkungan tidak perlu diragukan.
Kehadiran pemimpin yang memiliki komitmen tinggi terhadap pelestarian lingkungan seperti Umar bin Khattab merupakan sebuah keharusan ditengah makin rusaknya hutan sebagai paru paru kehidupan.

“Telah tampak kerusakan di darat dan dilautan disebabkan karena perbuatan tangan manusia. Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)”. (QS :Ar-Ruum : 41)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *