KPU Kota Jakarta Timur Melakukan Sosialisasi Pendidikan Pemilih “Menata Pemilu Akses”

ZONAINDONESIA.ID, JAKARTA– KPU Kota Jakarta Timur melaksanakan sosialisasi pendidikan pemilih dengan tema “Menata Pemilu Akses”,Outcome sosialisasi pendidikan pemilih ini adalah penyelenggara dan masyarakat memahami dan mendapat gambaran mengenai bentuk manajemen pemilu untuk kaum disabilitas. Acara berlangsung dari pukul 13.15 wib sampai pukul 15.30 wib., Jumat /13 November 2020.

Diskusi menghadirkan 3 Narasumber yaitu I Dewa Kade Raka Wiarsa Raka Sandi (Anggota KPU RI), Ariani Soekanwo (PPUA Disabilitas) Dan Tri Endraningsih (Kpu Kota Jakarta Timur). Adapun acara dibuka oleh Ketua KPU Kota Jakarta Timur Wage Wardana, lalu disambung oleh sambutan Ketua KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos dan Asisten Pemerintahan Ari Sonjaya , mewakili Walikota Jakarta Timur yang di last minute mengisi acara lain.

Betty Epsilon dalam sambutan menyampaikan beberapa hal yaitu menekankan inklusifitas dalam pemilu, termasuk berlaku buat kaum disabilitas, lalu mengapresiasi pencapaian KPU Kota Jakarta Timur yang pada pemilu 2019 menjadi juara nasional pemilu akses serta menekankan pemilih pemula buat belajar kepemiluan dari para praktisi.

Adapun peserta sosialisasi pendidikan pemilih adalah Pemilih pemula (kerjasama dengan suku dinas pendidikan Kota Jakarta Timur), perwakilan kaum disabilitas, penyelenggara pemilu, dan masyarakat di Jakarta Timur, termasuk mantan PPK dan PPS di Jakarta Timur, serta perwakilan partai politik di Kota Jakarta Timur. Webinar juga dilengkapi oleh juru bahasa isyarat, untuk mengakomodasi para penyandang disabilitas, khusus nya tuna rungu. dua juru bahasa isyarat yang kami tampilkan adalah Andhika Pratama dan Abdul Azis dari pusat layanan juru bahasa isyarat.

Dalam paparanya I Dewa Kade Raka Wiarsa Raka Sandi menyampaikan bahwa webinar ini sangat penting, walau DKI Jakarta tidak menyelenggarakan Pilkada di tahun 2020. Tetapi webinar ini akan membuat dki siap melaksanakan pilkada selanjutnya. Terkait pemilu akses, semua warga negara mempunyai hak yang sama, sehingga webinar ini akan menghasilkan pengetahuan mengenai cara melayani kaum disabilitas, serta webinar ini juga bisa jadi media untuk menjaring saran dan masukan.

Tri Endraningsih dalam paparan menyampaikan bahwa terdapat beberapa poin penting, yaitu langkah KPU Jakarta timur dalam menata pemilu akses, strategi layanan kepada kaum Disabilitas, langkah untuk meningkatkan partisipasi kaum disabilitas, salah satu cara melibatkan mereka jadi konsultan melayani pemilih kaum disabilitas, hingga melibatkan mereka jd kpps.

Ariani Soekanwo memaparkan pemilu inklusif, Saran mengenai uu pemilu terkait kaum disabilitas, pemilu aksesibel, dimana tps harus di design secara universal, adanya Saran melibatkan adanya kpps untuk mendampingi kaum Disabilitas, adanya alat Bantu coblos buat kaum Disabilitas, Dan penyediaan juru bahasa isyarat dalam berbagai kegiatan KPU. Poin lain adalah Pemilu Akses mengangkat derajat kaum Disabilitas, serta sajian data-data statistik pemilu terkait kaum Disabilitas. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *