Kominfo Dan Komisi I DPR RI Menggelar Kembali Seminar Virtual Merajut Nusantara Dengan Mengambil Tema “Pemanfaatan TIK Sebagai Media Edukasi Dan Bisnis”

ZONAINDONESIA.ID- Kominfo dan Komisi I DPR RI menggelar kembali seminar virtual merajut nusantara dengan mengambil tema

“Pemanfaatan TIK sebagai Media Edukasi dan Bisnis” Melalui aplikasi Zoom Meeting, di siarkan juga via Live on YouTube SwaraSenayan. Jumat /13 November 2020.

Menghadirkan narasumber : Hillary Brigitta Lasut, SH., LL.M. selaku
Anggota Komisi I DPR RI
, Aris Kurniawan selaku Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Madya Kominfo RI dan Ivanhoe Semen selaku Waketum GAMKI.

Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) mengubah paradigma interaksi dan komunikasi sosial yang tidak tergantung pada ruang dan waktu, ungkap Hillary dalam penyampaian paparan nya.

Adanya penerapan TIK di berbagai bidang sangat membantu pada masa pandemi Covid 19 sekarang ini, di mana TIK menjadi sarana solusi alternatif dalam pemberlakuan social distancing dan physical distancing untuk mencegah penyebaran wabah.

Penerapan TIK dalam bidang edukasi di jumpai dalam pelaksanaan pembelajaran sehari hari seperti penerapan internet, membuat proses e-learning menjadi lebih efisien dan efektif.

Dengan Adanya E-learning setiap siswa bisa mengakses materi pembelajaran yang di sediakan melalui situs atau website,dan siswa bisa berinteraksi dengan guru.

BAKTI Kominfo merupakan kepanjangan dari pemerintah bisa membantu masyarakat, khususnya di daerah yang belum ada akses internet nya, contohnya di Talaud, Sulawesi Utara,Pemerintah sudah memberikan akses internet untuk masyarakat, dan masyarakat pun sudah menikmati akses internet tersebut.
,dan saya pun telah mendirikan HBL Foundation telah memberikan beasiswa untuk masyarakat di Talaud, Sulawesi Utara Tutup Hillary dalam penyampaian paparan nya.

Narasumber kedua,Aris Kurniawan selaku Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Madya Kominfo RI, beliau paparkan bahwa ada peningkatan yang cukup signifikan untuk penggunaan internet di Indonesia, 73,7% ada peningkatan 8.9 % .

Masa pandemi ini perubahan style masyarakat telah mengubah paradigma,bahwa penggunaan internet sudah menjadi kebutuhan.

Kegiatan Masyarakat pun menjadi Go Virtual , seperti kegiatan webinar ini untuk meminimalisir resiko penyebaran wabah.

Budaya revolusi literasi digital sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, dan teman teman BAKTI Kominfo telah lakukan itu untuk percepatan transformasi digital.

Bersikap sabar, terbuka, adaptif dalam masa pandemi ini, tutup Aris.

Narasumber terakhir, Ivanhoe Semen selaku Waketum GAMKI. mengatakan,” Undang undang Informasi Transaksi Elektronik tahun 2008 atau ITE no 11 tahun 2008 merupakan babak baru bagi pemerintah untuk melawan kejahatan berbasis teknologi.

Berikut cara untuk mencegah kejahatan pada bisnis online,: jangan terlalu tergiur dengan barang yang miliki harga jual murah atau diskon, simpan bukti dengan baik, jangan terlalu percaya testimoni, dan mintalah foto barang yang asli.

Kemajuan teknologi telah mengubah struktur masyarakat dari bersifat lokal menuju masyarakat yang berstruktur global, tutup Ivanhoe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *