THE LIVING QUR’AN (TLQ)

ZONAINDONESIA.ID-  Oleh : Din Lies

Alquran bagi umat muslim adalah pedoman hidup. Dia bukan sekedar buku atau kitab, melainkan penerang, penuntun manusia dalam melangkah menjalani kehidupan agar selamat di dunia dan kelak di akhirat.

Apakah yang dimaksud dengan The Living Quran (TLQ)?The Living Quran adalah menghidupkan Alquran. Dengan tujuan ingin menghadirkan Allah dalam hidup kita, ingin lebih kenal Allah. Kalau kita ingin kenal Allah, tentunya kita ingin Allah berkomunikasi dengan kita. Sementara kita tidak pernah mendengar Allah bicara kepada kita. Lalu bagaimana kita mengetahui cara Allah berkomunikasi dengan kita, menyampaikan segala hal untuk kepentingan kita?

Ternyata Allah berkomunikasi dengan hambaNYA melalui Alquran, yaitu melalui ayat ayatNYA yang disampaikan kepada Rasulullah dengan perantaraan malaikat Jibril. Segala hal yang kita perlukan telah Allah sampaikan melalui kitab suci ini.

Tapi ah rasanya belum puas, masih ingin ada sesuatu yang special, yaitu perhatian khusus Allah untuk kita secara pribadi. Kita bisa meraihnya, salah satunya melalui sholat malam. Dimana Allah menyediakan waktu khusus untuk kita curhat, untuk kita meminta hal yang nampaknya mustahil bagi manusia tapi Allah bisa berikan.

Kembali ke TLQ. Untuk meyakini Alquran itu adalah cara Allah berkomunikasi kepada hambaNYA maka diperlukan iman. Iman itu harus diucapkan, dibenarkan dengan akalnya dan diwujudkan dalam perbuatan. Termasuk mengimani Alquran.

Sebagai gambaran untuk meyakini bahwa Alquran adalah benar benar pedoman hidup kita yaitu dengan mengibaratkan diri kita akan bepergian, berkendaraan menuju suatu tempat. Untuk bisa sampai ketujuan tentu harus ada petunjuk jalannya. Misalkan kita ingin menuju Bandung. Di tol akan ada petunjuk arah yang menuju ke Bandung. Atau bisa juga menggunakan google map, atau kompas. Tanpa petunjuk tersebut kita akan tersesat. Kita tidak akan pernah sampai ke tujuan. Di mobil yang dikendaraipun diperlukan wiper untuk membersihkan kaca mobil khususnya dalam keadaan hujan sehingga jalan bisa tetap nampak jelas.

Demikian pula dengan hidup kita, petunjuk yang diperlukan adalah Alquran dengan tujuannya yaitu hari akhir kelak selamat sampai di rumah Allah, yaitu SurgaNYA. Ayat ayat Allah dalam Alquran tersebut merupakan wiper pembersih perjalanan menuju ke rumah Allah.
Proses menghidupkan Alquran ini berlangsung selama kita hidup.

Mengapa Allah menurunkan ayat ayatnya ini? karena sesungguhnya Allah sangat sayang kepada kita dan ingin kita semua kelak pulang ke rumahNYA, yaitu surgaNYA. Sebagaimana firmanNYA dalam surat Yunus 10:25
“Dan Allah menyeru (manusia) ke Darussalam (surga) dan memberikan petunjuk kepada orang yang Dia kehendaki ke jalan yang lurus, yaitu islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *