HBL Foundation Gelar Talk Show “Suara Anak Muda Untuk Pilgub Sulut 2020”

ZONAINDONESIA.ID- HBL Foundation menggelar talk show bertemakan “Suara Anak Muda Untuk Pilgub Sulut 2020,melalui Zoom Meeting,
Sabtu, 07 November 2020.

Menghadirkan KeyNote Speeker : Vonny Anneke Panambunan S.Th. selaku Calon Gubernur Sulawesi Utara

Menghadirkan Narasumber Hillary Brigita Lasut SH.,LL.M selaku Polikus Termuda DPR RI dari Fraksi NasDem Dapil Sulawesi Utara, Mochtar Parapaga selaku ketua Bappilu Partai NasDem Sulut / Wakil Bupati Kepulauan Talaud dan Ronny Immanuel atau biasa di sapa “Mongol Stress” selaku Komika / Stand Up Comedy Indonesia).

HBL Foundation
adalah suatu yayasan yang dibina oleh Hillary Brigitta Lasut, S.H.,L.L.M anggota DPR-RI Fraksi NasDem periode 2019-2024 dari Daerah Pemilihan Sulawesi Utara.

HBL Foundation ini adalah salah satu implementasi dari janji politik Hillary pada saat masa kampanye. Dengan adanya yayasan tersebut, diharapkan aspirasi masyarakat khususnya dari daerah pemilihan Sulawesi Utara dapat terwujud.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara telah menerima pendaftaran tiga pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur dalam pilkada serentak 2020 mendatang.
Mereka adalah pasangan Olly Dondokambey-Steven Octavianus Estefanus Kandouw, Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar, dan Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Corneles Mamengko Runtuwene.

Ketiga paslon tersebut bakal menjadi rival dalam Pilkada 9 Desember mendatang. Ketiga pasangan ini didominasi para petahana kepala daerah, mulai dari Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati, hingga tokoh keagamaan.

Olly-Steven
Pasangan petahana ini diusung enam partai, yakni PDIP, Gerindra, PSI, PPP, PKB, dan Perindo. Olly Dondokambey merupakan petahana Gubernur yang saat ini masih menjabat aktif sebagai orang nomor satu di Sulut.

Olly mengawal anggota fraksi PDIP periode DPR,sedangkan Steven merupakan Wakil Gubernur Petahana Sulut yang meniti karirnya di kancah perpolitikan mulai 2004 lalu.

Dalam dua periode, Steven menjabat sebagai anggota DPRD Sulut. Sebelum menempati posisi Wakil Gubernur pada 2016, setahun sebelumnya ia juga sempatkanlah didapuk menjadikannya Ketua DPRD Sulut.

Christiany-Sehan
Christiany alias Tetty Paruntu merupakan Bupati aktif Minahasa Selatan yang mencalonkan sebagai Gubernur Sulut pada Pilkada mendatang.

Menjabat sebagai bupati Minahasa Selatan periode 2010-2015 dan 2016-2021.
Sedangkan, Sehan Salim Landjar merupakan Bupati aktif Bolang Mongondow Timur (Boltim) Sulut. Sehan menjabat sebagai Bupati untuk dua periode kepemimpinan. Pria kelahiran 1963 ini juga pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten gorontalo periode 2004-2009.

Vonnie-Hendry
Vonnie Anneke Panambunan merupakan Bupati aktif Minahasa Utara. Sebelumnya sudah pernah berada di posisi serupa di masa kepemimpinan periode 2005-2008.

Wanita kelahiran tahun 1961 ini dalam kiprah politiknya sempat tersandung beberapa kasus. Seperti pada tahun 2008 lalu, Vonnie divonis bersalah dan dihukum 1 tahun 6 bulan penjara, terkait kasus korupsi proyek Bandara Loa Kulu, Kutai Kartanegara.

Sedangkan, calon Wakil Gubernur, Hendry Corneles Mamengko Runtuwene lebih dikenal sebagai pendeta dan dosen Teologi di Universitas Kristen Tomohon (UKIT).

Pria kelahiran tahun 1970 ini juga sempat menjabat sebagai Sekretaris Umum Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GMIM periode 2014-2018.

Vonnie dan Hendry maju Pilkada 2020 dengan mendapat sokongan dari dua partai, yakni Nasdem dan PKS.

Di katakan Hillary, anak anak muda di Sulut menginginkan perubahan di Sulawesi Utara.

Hillary lakukan interaksi langsung di Zoom meeting yang mayoritas peserta Zoom meeting nya adalah anak anak muda.

Salah satu kualitas pemimpin adalah dia mencintai Tuhan, di katakan Herlina peserta Zoom Meeting ketika di tanya oleh Hillary.

Peserta Zoom Meeting lain nya yang di tanya Hillary ialah Kaka Bekam, Hillary menanyakan kriteria pemimpin yang diharapkan adalah pemimpin yang jujur, hadir untuk melayani masyarakat.

Hillary menyimpulkan dari pertanyaan yang di lontarkan kepada peserta Zoom meeting, bahwa kriteria pemimpin itu khususnya untuk Pemimpin di Sulawesi Utara ada 3 yakni :
1.Takut akan Tuhan
2.Sederhana dan merakyat
3.Jujur
Dari ketiga kriteria tersebut adakah di antara calon pemimpin di Sulawesi Utara? Itu semua tergantung dari pemilih.

Mochtar Parapaga Ketua Bappilu Partai NasDem Sulut mengatakan berterima kasih kepada HBL Foundation yang telah mengadakan talk show ini.

“Suara anak muda adalah suara penentu dalam Pemilihan Umum, setiap kali ada momentum Politik, anak muda harus ikut kontribusi.

Hillary ,anak muda kebanggaan dari Sulawesi Utara. Menjadi anggota DPR RI termuda dan kami partai NasDem bangga, tegas Mochtar Parapaga.

Siapapun yang terpilih calon pemimpin, itulah pilihan dari Sulawesi Utara, dan mari kita jaga kerukunan di Sulawesi Utara, tutup Mochtar Parapaga dalam paparannya.

Pembicara terakhir Mongol Komika Stand Up Comedy Indonesia mengatakan banyak anak anak muda yang potensial di Sulawesi Utara, contohnya ada Hillary yang menjadi anggota DPR RI termuda.

Saya bangga sebagai kader Partai NasDem ungkap mongol yang juga sebagai ketua Garda NasDem Sulawesi Utara, dan saya bersama para pengurus akan memenangkan calon dari Partai NasDem.

Anak anak muda harus melek politik, tutup Mongol dalam paparan nya.

Calon calon partai NasDem itu di gojlog atau di bina di Akademi bela negara, ungkap Hillary dalam interaksi penutupnya kepada peserta Zoom Meeting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *