APA YANG DITAKUTKAN PEMERINTAH DARI ANIES ?

ZONAINDONESIA.ID- | By. Muchlis Hassan (Pegiat Sosial)

Diskursus politik kita sebenarnya sudah tidak menarik lagi tatkala telah direcoki oleh segerombolan orang – orang yang lemot dalam berpikir. Namun setelah Pemprov DKI Jakarta yang digawangi oleh Anies Baswedan di ganjar beberapa penghargaan level dunia yang membuat seisi kolam bergemuruh kerasukan syetan, saya kira ini mulai cukup menarik untuk dibahas.

Apa yang ditakutkan Pemerintahan dari Anies ? Pertanyaan ini saya kira cukup menarik, dan menurut pendapat saya sejatinya tidak perlu ada yang dikhawatirkan oleh pemerintah dengan keberadaan seorang Anies Baswedan.
Pertama, secara politik jelas Anies tidak mempunyai kekuatan karena dia bukan tokoh Parpol seperti Prabowo di Gerindra, Megawati di PDIP, AHY di Demokrat, ataupun Airlangga dengan Golkarnya.
Kedua, bisa dikatakan secara finansial anies pun masih kalah mentereng dan tajir dengan para anggota DPR maupun DPRD DKI Jakarta sendiri.
Ketiga, Meskipun saat ini Anies menjadi orang nomor satu di DKI Jakarta namun dia tidak memiliki cukup ruang atau panggung politik untuk mengaktualisasikan dirinya, seperti kepala daerah yang lain, bahkan ada yang sampai nangis-nangis melow bak pemain sinetron Hati yang tersakiti. Anies sendiri dalam beberapa kesempatan telah berulang kali mengingatkan kepada pihak2 yang mencoba menarik-narik dirinya masuk pada ranah Pilpres, bahwa dia hanya ingin bekerja melayani warga Jakarta yang telah memberikan mandat kepadanya.

Namun bagi siapapun yang menjadi lawan politik Anies sudah hampir pasti mereka akan berusaha berpikir keras untuk menjegalnya. Jujur saja bukanlah ketiga faktor tersebut di atas yang membuat orang-orang yang menjadi lawan politiknya harus takut. Kalau pendapat saya, yang ditakutkan dari seorang Anies Baswedan adalah cara berpikirnya, inilah kekuatan maha dasyat yang dimiliki Anies.

Sejak awal dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies dalam pidato kemenangannya di balaikota yang di saksikan ribuan massa pendukungnya telah membuat pernyataan yang membuat merinding semua orang. Ini kutipannya ” Dulu kita semua Pribumi di tindas dan dikalahkan, kini telah merdeka. Kini saatnya menjadi tuan rumah di negeri sendiri, Jangan sampai Jakarta seperti pepatah orang madura, itik telor, ayam singeremi. Itik yang bertelor, ayam yang mengeremi…”
Bagi mereka yang telah jadi pecundang mungkin kalimat tersebut tak enak didengar. Namun bagi warga Jakarta khususnya dan warga Indinesia pada umumnya, kalimat tersebut menjadi sebuah asa dan harapan dalam melepas dahaga meneguk rasa keadilan.
Ketika wabah corona merambah Indonesia tepat di dua setengah tahun kepemimpinannya di Jakarta, Anies kembali membuat se seantero Republik ini berdecak kagum.
Pada saat para pemerintah gamang dan bingung dengan hadirnya virus corona serta membuat para pembantu Presiden seperti kehilanganan integritasnya. Para Menteri saling berlomba membuat pernyataan yang tak ada korelasinya dengan virus corona tersebut, Anies kembali tampil di publik dengan kecerdasannya, pada saat menjadi inspektur upacara HUT RI Ke. 75 di balaikota dia mengatakan ” 75 tahun Indonesia merdeka akan menjadi catatan yang dikenang sepanjang masa, dan kita telah menjadi bagian darinya. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia adalah Janji kemerdekaan yang menjadi tanggungjawab konstitusional pertama dan utama kita…”
Kemudian “…Saya Ulang, tidak ada keraguan di dalamnya bahwa keselamatan dan kesehatan rakyat ada di atas segala urusan lainnya…..,

Jelas sekali bahwa apa yang di sampaikan Anies telah menunjukan kepiawaian dirinya dalam membungkus sebuah rasa kekuatiran menjadi sebuah harapan. Pada saat pemerintah kebingungan, Anies memberikan ketenangan, pada saat pemerintah kehilangan kendali, Anies hadir dengan janji konstitusi.

Menurut saya mungkin itulah dari sekian banyak alasan mengapa pemerintah sepertinya takut pada Anies. Ingatlah…..bahwa Bung Karno, Hatta, Natsir, Syahrir dkk. mereka adalah para pemimpin yang akan selalu dikenang karena hadir dengan cara berpikir yang dasyat. Dan itu ada pada diri Anies Baswedan.

ALLAHUBISAWAB.

#TigaTahunAniesMemimpin
#UntukJakartaYangSetara
#AyooJagaJakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *