Menjaga Bumi Ala Bapak Muhajir Asrori

ZONAINDONESIA.ID-  Oleh : Agus Fatah (Pegiat AN NAHL Ecopark)

Berbagai cara dilakukan oleh banyak orang untuk melestarikan bumi, manifestasi atas perannya sebagai wakil Ilahi di bumi (Khalifah fii al ardhi). Ada yang berusaha membersihkan sungai, menjaga gunung, hutan, lautan dari kerusakan oleh ulah manusia tidak bertanggung jawab, mengajak orang bercocok tanam, mengolah sampah, membuat ecobrick dan lain sebagainya.

Seorang pria pecinta tanaman di daerah Jati Asih Bekasi yang bernama pak Muhajir Asrori, punya cara sendiri untuk menjaga bumi. Bagaimana cara Pak Muhajir Asrori menjaga bumi agar tetap asri dan lestari? Yuk kita bersilaturrahmi kerumah beliau yang asri.

Dirumahnya yang asri, Griya Harmoni Jatiasih Bekasi, kami bersilaturrahmi, 29 Oktober 2020, kamis pagi. Memasuki kompleks perumahan Griya Harmoni di sebelah kiri, terlihat banyak sekali pohon berdiri menyambut kehadiran kami. Milik siapakah ratusan pohon yang tak dikenali, namun ramah menyambut kami?. Mungkin pohon pohon tersebut milik Pak Muhajir Asrori beserta sang istri (Bunda Mardiati)?.

Ratusan pohon tersebut menutupi sebuah rumah sehingga kami perlu mencari informasi ke pihak security apakah benar rumah dibalik pepohonan ini adalah rumah Pak Muhajir Asrori.
Baru saja kami bertanya ke pihak security, tiba-tiba keluar dari balik pohon seorang laki-laki menyapa kami, ternyata beliau adalah Pak Muhajir Asrori sang pemilik rumah yang asri.
Kemudian muncul istri beliau menyambut dan mempersilakan kami masuk kerumahnya untuk bersilaturrahmi.

Kami dari Team AN NAHL Ecopark (Mr. Syarief, Mr. Awang dan Mr. Agus) kemudian masuk kerumah Pak Muhajir Asrori dan menyampaikan maksud kedatangan kami, disamping bersilaturrahmi, yakni mengenal lebih dekat koleksi tanaman Bapak Muhajir Asrori. Setelah menyampaikan maksud kedatangan kami, maka dengan senang hati pak Muhajir Asrori menjelaskan koleksi tanaman yang dimiliki secara rinci sehingga kami mengerti bahwa tanaman (pohon buah dan bunga) yang beliau miliki unik dan bernilai tinggi. Pak Muhajir yang asli Boyolali dan suka gandhos gimbal (makanan tradisional khas Boyolali) ternyata seorang santri, beliau pernah mondok di pesantren Jamsaren, pesantren tertua di Jawa Tengah.

Sejak kecil Pak Muhajir Asrori yang tinggal di desa Tumang (Cepogo) di atas bukit, dibalik hutan, sudah berinteraksi dengan tanaman. Maka tak heran jika hari ini ia menjadi pecinta tanaman dan memiliki ratusan koleksi tanaman dari berbagai daerah di Indonesia hingga mancanegara.

Pak Muhajir Asrori yang senang mencari biji-biji tanaman saat beliau pergi ke berbagai daerah hingga keluar negeri kini telah berhasil mengoleksi berbagai jenis tanaman diantaranya
Loquat (Jepang), Black Sapote, White Sapote (Amerika Latin), Ginberry (Ceri Afrika), Miracle Fruit, Srikaya Merah, Jaboticaba (Anggur Brazil), Berbados Cherry (Amerika latin)
,Vietnam Cherry, Chupa- chupa (Peru), Sawo Alono (Filipina),
Salak gula pasir (Bali), Plum Australia, Mamey sapote (Mexico), Siwak (Arab), Jambu Dalhari (Keraton Jogja), Jambu MDH (Deli Serdang, Sumatera Utara), Mangga R2E2 (Australia) dan lain sebagainya.

Meskipun kini Pak Muhajir Asrori telah mengoleksi ratusan tanaman unik dari dalam dan luar negeri, namun beliau masih menyimpan obsesi. Beliau ingin menambah lagi jumlah koleksi tanamannya. Diantara tanaman yang ingin ia koleksi berikutnya adalah:
Cempaka merah, Kantil merah, Jaboticaba varigata, Tin Jolly tiger varigata

Subhanallah banyak sekali koleksi tanaman Pak Muhajir Asrori, yang kami tulis ini hanya sebagian kecil saja dari koleksinya yang unik dan eksotik. Kami beruntung dan bersyukur bisa bersilaturrahmi dengan beliau dan keluarganya serta mengenal koleksi tanaman miliknya. Disamping menjelaskan tanaman yang dikoleksinya beliau juga mempersilakan kami mencicipi buah-buahan yang matang dan siap dipanen hari itu seperti Jaboticaba (anggur Brazil), Ginberry (Ceri Afrika) Red long mulberry, Vietnam cherry, dan Jambu madu deli hijau. Alhamdulillah nikmat, manis dan khas rasanya buah-buah tersebut.

Apa sesungguhnya manfaat menanam bagi pak Muhajir Asrori?. Menurut beliau menanam itu banyak manfaatnya antara lain: memproduksi dan mendapatkan oksigen yang kita butuhkan, menghilangkan stres, bersedekah kepada manusia dan hewan melalui buah yang dihasilkan dan menjaga bumi agar tetap lestari.

Bersilaturrahmi dan mendapat informasi terkait tanaman unik dan eksotik sungguh menarik, apalagi sambil menikmati nikmatnya buah-buahan tersebut, sungguh merupakan pengalaman yang sangat berkesan dan tak terlupakan ditambah di akhir sesi pak Muhajir Asrori berpesan kepada kami,

“Jagalah bumi dengan menanam berbagai macam tanaman dan cintailah tanaman tersebut, perlakuan mereka seperti makhluk hidup yang dapat berbicara. Ajak mereka bicara dan tanyakan kapan mereka akan berbakti (berbuah), insyaallah mereka mengerti”, demikian pesan pak Muhajir Asrori kepada kami. Pesan yang akan selalu kami perhatikan dan aplikasikan.

Surprise!, ketika kami akan pamit pulang, pak Muhajir Asrori membuat kejutan, beliau memberi kami puluhan tanaman unik koleksinya kepada kami untuk di kembang-biakan di AN NAHL Ecopark. Subhanallah walhamdulillah, Allohu Akbar kabiiro, Jazakamullah khoir katsiro.

Begitulah cara Pak Muhajir Asrori memainkan perannya sebagai Khalifah fiil ardhi (wakil Ilahi di bumi), menjaga bumi dengan menanam beraneka tanaman. Sungguh ini sangat menginspirasi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *