M Reza Pahlevi : Dirgahayu Pemuda Pancasila ke 61 Tahun

ZONAINDONESIA.ID, JAKARTA– Hari ini tanggal 28 Oktober 2020 merupakan tanggal yang termasuk istimewa dan bersejarah bagi perjalanan organisasi Pemuda Pancasila. Terutama bagi anggota Pemuda Pancasila, dari berbagai kalangan, dan latar belakang beragam etnis, budaya, bahasa, dan agama yang berbeda.

Menengok sejarah pada 61 tahun yang lalu, tepatnya seperti hari ini, tanggal 28 Oktober 1959 adalah momentum Hari Kelahiran Pemuda Pancasila adalah Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI) yang membidani kelahiran organisasi tersebut. Tokoh-tokoh pendirinya adalah jenderal A.Yani, A.H.Nasution, Gatot Subroto di Jakarta.

IPKI dilahirkan guna mengemban tugas mulia yakni melindungi NKRI dari rongrongan bahaya laten komunis yang kala itu dimotori oleh PKI.

Sejak awal berdirinya, Pemuda Pancasila tidak pernah sepi dari gerakan untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara. Ketika Pancasila dalam ancaman dan hendak dirongrong oleh barisan Pemuda Rakyat beserta kekuatan PKI, dengan sigap kader-kader Pemuda Pancasila tampil sebagai perisai penyelamat.

Salah satu pengurus Pemuda Pancasila MPW Bidang Organisasi Keanggotaan DKI Jakarta, Mochammad Reza Pahlevi yang mengucapkan Selamat Memperingati Hari Kelahiran Organisasi Pemuda Pancasila KE 61 Tahun 2020 ini dengan penuh khidmat ditengah kondisi keptihatinan Nasional karena pandemi covid-19 ini.

Jika biasanya ada event seremonial khusus, kegiatan bakti sosial atau acara meriah lainnya dan juga inisiatif para anggota Pemuda Pancasila yang digalang untuk memeriahkan dan memperingati Hari Kelahiran Pemuda Pancasila dan bertepatan dengan Sumpah Pemuda, kali ini harus lebih khidmat dilakukan karena banyak event yang tertunda karena pandemi masih menyelimuti negeri kita ini.

Lebih lanjut bahwa kita jangan kehilangan Optimisme dan membangun menghadapi kondisi ini. “Kita tak perlu khawatir akan ketinggalan momentum bersama, bersama kita bisa merayakan ini secara virtual dengan teman, kerabat, sahabat dan sesama jejaring sosial pemuda lainnya dalam mengisi hal-hal positif dalam peringatan Hari kelahiran Pemuda Pancasila ke 61 tahun ini.

Selain itu saya juga mengajak agar setiap kepengurusan anggota Pemuda Pancasila tetap melakukan upaya memperingati dengan berdoa dan merefleksikan perjuangan para pendahulu bangsa, dengan senantiasa menjaga solidaritas, kekompakan dan kebersamaan dalam upaya memberikan kontribusi nyata agar organisasi Pemuda Pancasila untuk pembangunan SDM Pemuda Indonesia.

Ke depan Pemuda Pancasila harus berani melakukan perubahan dan tidak takut akan perubahan artinya bahwa Pemuda Pancasila yang sebelumnya identik dengan kekerasan yang mengedepankan (otot) harus berubah dengan mengedepankan otak (pikiran), ide-ide dan strategi-strategi yang cemerlang dalam menjalankan fungsi organisasi sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat dalam segala aspek kehidupan, menjadikan PP yang solid, dan PP dijadikan mitra kerja oleh semua komponen baik Pemerintah maupun Swasta dengan saling memberikan manfaat atau timbal balik.

Dalam bidang politik pun, Pemuda Pancasila sadar dan akan ikut berperan dan bertanggung jawab dalam membangun bangsa dan negara dengan mendukung secara penuh para kader-kadernya yang berada diberbagai partai politik dan yang berjuang untuk menjadi anggota legislatif maupun eksekutif dalam mengentaskan pengangguran, Pemuda Pancasila akan ikut berperan juga bermitra dengan pemerintah dan pengusaha untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Dengan semboyan “Sekali Layar Terkembang Surut Kita Berpantang” Pemuda Pancasila harus siap dan tidak akan surut dengan adanya perubahan-perubahan yang terjadi baik itu perubahan zaman, politik, sistem pemerintahan, kebijakan pemerintah, globalisasi, maupun penggantian pimpinan nasional (suksesi) sekalipun.

Jangan pernah sekali2 kita bertanya apa yg pemuda pancasila dapat berikan,tapi tanyalah apa yg dapat kita berikan kepada pemuda pancasila.

Pemuda Pancasila ke depan akan mendapat simpati dari masyarakat dan disegani tetapi bukan untuk ditakuti sekaligus mengubah citra negatif terhadap PP, hal ini juga dapat dirasakan keberadaan serta manfaat organisasi oleh para kader dan anggotanya.

Ikrar Pemuda Pancasila :
1. Bertanah Air satu, Tanah Air Indonesia
2. Berbangsa Satu, Bangsa Indonesia
3. Berbahasa Satu, Bahasa Indonesia
4. Berideologi satu, Ideologi Pancasila

SEKALI LAYAR TERKEMBANG SURUT KITA BERPANTANG
PANCASILA ABADI !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *