Ervan P Ketua PITA : Momentum Peringatan Sumpah Pemuda, Anies Diminta Terbitkan Pergub Kepemudaan

ZONAINDONESIA.ID–Momentum┬áperingatan sumpah pemuda saat ini pasti akan sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana peringatan hari Sumpah Pemuda saat ini bertepatan dengan kondisi pandemi covid-19.

Banyak cara untuk memperingati hari Sumpah Pemuda yang biasanya penuh dengan kegiatan bersifat seremonial dan keriaan, dengan tujuan untuk membangkitkan semangat kepemudaan dan semangat persatuan terutama dalam memerangi covid-19.

Terlepas dari berbagai kegiatan peringatan hari Sumpah Pemuda, saya ingin sedikit melihat realitas yang ada mengenai kondisi yang dapat mempengaruhi sikap dan sifat dari pemuda saat ini, yaitu disektor lapangan kerja dan usaha.

Disalah satu media _online_ dijelaskan bahwasan nya menurut survei terbaru yang dilakukan oleh JobStreet terhadap 5.131 pencari kerja dan 486 perekrut menunjukkan, bahwa angka pengangguran diprediksi mencapai 11 juta orang pada akhir tahun 2020.

Bahkan menurut kementerian keuangan ( Kemenkeu ) disalah satu media _online_, juga jelas dikatakan bahwa, penganguran masih banyak dan didominasi oleh angkatan muda yang memiliki pendidikan rendah.

Berkaca pada kondisi diatas, saya mengapresiasi pemprov DKI Jakarta, yang sudah memiliki program kebijakan untuk mengangkat kualitas pemuda yang notabenenya pelajar formal dan nonformal, melalui program KJP Plus bahkan hingga bantuan biaya ke perguruan tinggi.

Alangkah lebih bagus lagi menurut saya, jika Pa Anies Baswedan memberikan hadiah disaat momentum peringatan hari Sumpah Pemuda tahun ini dan sekaligus menjadi bagian dari refleksi 3 tahun kepemimpinannya, yaitu dengan menerbitkan pergub mengenai kepemudaan sebagai instrument dari perda no 2 tahun 2016 tentang Kepemudaan, serta pergub mengenai umkm sesuai dengan perda no 2 tahun 2018 tentang Perpasaran.

Saya sangat yakin dan optimis dengan hadirnya dua pergub tersebut mampu menjadi suplemen bagi masyarakat DKI Jakarta secara umum dan pemuda secara khususnya, terutama dalam menghadapi bonus demografi dan memperkuat perekonomian.

Dengan hadirnya Pergub tersebut akan mampu mendorong kualitas dan kreatifitas dari para pemuda dan pelaku UMKM yang didominasi oleh kaum muda.

Pada akhirnya adalah akan banyak membuka lapangan kerja yang menyerap tenaga kerja yang bukan lagi bersifat konvensional saja, namun akan memunculkan para pelaku usaha usaha kreatif nantinya.

Ervan Purwanto
Ketua Umum Pemuda Cinta Tanah Air ( PITA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *