Sukseskan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan, KPU Kota Jakarta Selatan Meluncurkan Portal Sistem Data Pemilih

ZONAINDONESIA.ID- Jakarta SelatanĀ 23 Oktober 2020 KPU Kota Jakarta Selatan terus melakukan inovasi demi terwujudnya kemajuan demokrasi di Indonesia pada umumnya dan wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan pada khususnya. Kali ini KPU Kota Jakarta Selatan melalui Divisi Data yang dipimpin oleh Komisioner KPU Kota Jakarta Selatan Bapak Ahmad Barizi meluncurkan sebuah Portal Sistem Data Pemilih.

Peluncuran Portal Sistem Data Pemilih tersebut dilakukan pada saat penyelenggaraan kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih Bagi Siswa/i SMA sederajat di wilayah kota Jakarta Selatan secara virtual sebagai bagian dari inovasi dalam rangka mensukseskan tahapan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan yang hingga saat ini masih terus dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum Kota Jakarta Selatan bersama para stakeholders dan partai-partai politik di tingkat kota Jakarta Selatan. Menurut Ahmad Barizi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini merupakan salah satu bagian yang sangat strategis dalam usaha mewujudkan suatu pemilihan yang demokratis dan berkualitas .

Menurutnya tingkat partisipasi pemilih dalam suatu pemilihan sangatlah ditentukan oleh baik atau tidaknya data pemilih yang digunakan oleh penyelenggara pemilihan tersebut. Hal inilah yang menjadi dasar utama bagi KPU Kota Jakarta Selatan untuk terus berinovasi mewujudkan sebuah pemilihan yang berkualitas dan demokratis.

Adapun sasaran utama dibuatnya portal sistem data pemilih adalah para pemilih pemula ( baru memasuki usia 17 tahun), para purnawirawan TNI/Polri yang baru saja purna tugas, dan para Warga yang baru pindah masuk ke wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Menurut Ahmad Barizi penggunaan aplikasi ini sangatlah mudah, calon pemilih hanya cukup menyiapkan foto KK atau KTP untuk kemudian masuk ke halaman website www.js-kompakmemilih.com. setelah itu calon pemilih bisa memilih link daftar pemilih baru, kemudian meng upload foto KK atau KTP / resi KTP calon pemilih tersebut.

Selain memanjakan calon pemilih untuk bisa melakukan pendaftaran baru secara online,aplikasi berbasis website ini juga dapat melayani pengecekan data pemilih yang sudah terdaftar seblumnya. Caranya juga cukup mudah, pemilih hanya cukup memasukkan Nomor Induk Kependudukan di kolom yang sudah disediakan pada halaman website. Kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol “CARI” untuk bisa memastikan apakah data pemilih yang dimaksud telah terdaftar dalam sistem daftar pemilih atau belum.

Ketua KPU Kota Jakarta Selatan Agus Sudono juga berharap dengan adanya portal aplikasi sistem daftar pemilih ini akan mampu memberikan kontribusi positif terhadap usaha KPU kota Jakarta Selatan yang sampai saat ini masih terus melakukan kegiatan Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di wilayah kota Jakarta Selatan. Dengan adanya data pemilih yang valid dan up to date, maka Kota Jakarta Selatan diharapkan akan mencapai tingkat partisipasi masyarakat (pemilih) yang tinggi pada pemilihan selanjutnya.

KPU Jakarta Selatan tidak pernah berhenti untuk selalu berinovasi dan berkarya demi terselenggaranya sebuah hajat demokrasi yang sehat, demokratis dan berkualitas. Ayo sukseskan kegiatan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dengan memanfaatkan aplikasi Sistem Pelayanan Data Pemilih khusus warga Jakarta Selatan yang telah disediakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *