Dermaga 4 Pelabuhan Merak Seharga Rp 379 M Diresmikan

ZONAINDONESIA.ID, MERAK- Pelabuhan Merak Bakauheni kini akan semakin terintegrasi. Pasalnya pemerintah bersama ASDP selaku pihak pengelola pelabuhan Merak-Bakauheni akhirnya meresmikan Dermaga 4, Selasa (13/10).

Dermaga 4 Pelabuhan Merak-Bakauheni sebetulnya merupakan bangunan yang sudah ada. Namun, dermaga tersebut sempat terbengkalai selama kurang lebih 18 tahun lamanya.

Direktur Utama PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengatakan bahwa sebelumnya memang terdapat permasalahan antara pihak ASDP dengan pihak swasta pengelola dermaga tersebut. Namun kini pihaknya telah menyelesaikan permasalahan yang ada.

“Memang sempat terbengkalai karena dulu dikelola pihak swasta dan pembangunan terhenti. Akhirnya kita dapat kesepakatan dengan pihak swasta dan bisa membangun kembali,” tuturnya.

Ira mengatakan bahwa nantinya dermaga senilai Rp 379 Miliar akan melayani Kapal dengan kapasitas 6.000-10.000 GRT. Dengan adanya Dermaga baru tersebut kini rata-rata perjalanan yang dapat dilayani di Pelabuhan Merak yakni mencapai 140 trip.

Dalam peresmian tersebut, hadir Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Perhubungan Budi Setiyadi dan Wali Kota Cilegon Edi Ariadi. Dengan adanya pertambahan kapasitas tersebut, Budi mengingatkan agar pengaturan jadwal tetap terjaga.

Saat di wawancarai oleh media , beliau katakan,
“Dengan bertambahnya dermaga akan bertambah pula frekuensi keberangkatan. Kondisi ini harus diantisipasi dengan pola operasi dan pengaturan jadwal yang optimal serta peningkatan kinerja angkutan penyeberangan,” Tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *