Webinar Peluang Dan Tantangan Menjadi Guru Youtuber

ZONAINDONESIA.ID- Masa pandemi memberikan dampak luar biasa. Bukan hanya bagi kalangan umum, tapi khususnya di kalangan pendidikan ialah guru-guru dengan sistem dalam jaringan (online) dipaksa memang harus menguasai platform digital dalam berkomunikasi terutama menyampaikan dengan konten pendidikan, contohnya melalui channel Youtube.

Melihat trend ini, maka wadahnya adalah menjadi Guru Youtuber. Berdasar ini, Guru Youtuber bekerjasama dengan Global Influencer School mengadakan Webinar dengan tema: “Peluang & Tantangan Menjadi Guru Youtuber” pada hari Rabu (7/10/2020) melalui link zoom dan live di Youtube Guru Youtuber.

Webinar dihadiri langsung oleh beberapa tokoh ternama seperti Bapak Dirjen Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto, Dr. Diantara Wicaksono, Youtuber Ujung Oppa, Paman Apik dan Saeful Fadilah dan dipandu langsung oleh artis yang juga Pembina Guru Youtuber Oki Setiana Dewi, M. Pd (OSD) yang sangat komunikatif dengan para narasumber di acara tersebut.

Pembicara pertama dimulai oleh Bapak Dirjen Wikan dengan pertanyaan dari OSD, bagaimana dengan profesi guru yang beralih menjadi Guru Youtuber. Dalam pemaparannya Bapak Wikan menyampaikan bahwa saat ini memang sudah saatnya para guru menjadi seorang youtuber. Karena guru bukan hanya di kelas tapi juga di luar kelas. Jika para guru tidak menguasai media sosial itu ibarat meninggalkan panggung terbuka yang sangat supermasif dengan kecanggihan teknologi yang terus berkembang.

Paparan kedua oleh Dr. Dirgantara Wicaksono juga menambahkan bahwa keberadaan Guru Youtuber sangatlah penting sekali. Guru Youtuber adalah channel bersama dan wadah para guru memberikan materi kepada anak didiknya. Yang nanti hasilnya akan dirasakan manfaatnya untuk semua yang menonton channel tersebut.

Pembicara selanjutnya adalah Ujung Oppa asal Korea Selatan yang memiliki 1,7 juta subscriber sebagai youtuber yang menguasai algoritma Youtube. Ujung Oppa menyampaikan bahwa untuk menjadi youtuber memang banyak sekali rintangan atau kendalanya. Cara untuk menjadi trending adalah dengan memperbaiki konten agar menarik agar mendatangkan banyak viewers. Selain itu, konten juga harus positif agar bermanfaat bagi orang banyak. Tujuannya agar viewers betah menonton dari awal video sampai akhir, maka akan menghasilkan sebuah video yang banyak ditonton dan akan menjadi trending.

Selanjutnya oleh paman Apiq. Youtuber pendidikan spesialis konten mata pelajaran matematika dan pelajaran lainnya. Paman Apiq menjelaskan bagaimana cara mengedit sederhana dengan beberapa aplikasi gratis yang sudah tersedia di Playstore. Paman Apiq mengingatkan kita harus memiliki niat yang sungguh-sungguh sehingga bisa terus konsisten upload konten di Youtube. Ini beliau lakukan sejak tahun 2008.

Pemateri terakhir ialah Saeful Fadilah seorang youtuber yang begitu cepat memonetize dalam waktu empat bulan setelah mengikuti pelatihan Guru Youtuber. Ia menekankan bahwa menjadi youtuber pemula jangan pernah bosan walaupun tidak ada yang menonton dan sebagainya. Minimal kita sudah memulai. Setelah hal tersebut dilakukan maka akan sangat mudah terealisasi menjadi seorang youtuber yang baik secara konten dan konsep.

Acara webinar ini berlangsung sekitar dua jam lima belas menit, tapi tidak menyurutkan para audiens tetap menyimak di Zoom dan live Youtube. Bahkan, banyak yang mengapresiasi karena telah memberikan ilmu yang bermanfaat.

Akhir kata ditutup kejutan dari artis Oki Setiana Dewi yang menginfokan akan ada Sekolah Youtuber bersama Ria Ricis pada hari Minggu, 18 Oktober 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *