Kominfo Dan DPR RI Gelar Webinar Mendorong Generasi Milenial Berbisnis melalui Platform Digital

ZONAINDONESIA.ID, JAKARTA- Ditjen IKP Kemkominfo mengadakan Webinar Forum diskusi publik,dengan tema
“Mendorong Generasi Milenial Berbisnis melalui Platform Digital”, acara di gelar melalui virtual Zoom Meeting,
Kamis, 1 Oktober 2020.

Menghadirkan narasumber Hillary Brigitta Lasut, SH., LL.M. selaku Anggota Komisi I DPR RI, Rosarita Niken Widiastuti selaku Sekjen Kemkominfo RI,Lathifa Al Anshori, MA selaku Tenaga Ahli Menteri Kominfo.

Septriana Tangkary selaku Direktur IKPM, Ditjen IKP Kemkominfo RI memberikan sambutan nya dalam acara webinar ini.

Berikut sambutan beliau :
“Gerakan Nasional Bangga buatan Indonesia sebagai tonggak penguatan UMKM sekaligus menumbuhkan kepedulian dan rasa gotong royong untuk menggerakkan perekonomian, dukungan dari berbagai stake holders termasuk yang paling berpengaruh adalah kontribusi berbagai media yang melakukan berbagai liputan dengan berbagai perspektif.

Tidak semua sektor usaha terdampak negatif saat pandemi, alat kesehatan seperti masker masuk dalam kategori high demand di tengah masa pandemi.

Dikatakan Menkominfo, Johnny Gerard Plate di konfrensi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia,pada tanggal14 Mei 2020
Indonesia memasuki tahap informasi digital, kita bangun ekosistem digital, infrastruktur digital yang mengantar masyarakat menuju digital society.

Langkah pemerintah mendukung UMKM, dengan aplikasi Bela Pengadaan LKPP.

Dan marilah kita bangga dengan buatan Indonesia,
Mari kita beli buatan Indonesia, tutup Septriana dalam sambutan nya.

Hillary Brigita Lasut,selaku anggota DPR RI Komisi I, mengatakan Bagi generasi milenial teknologi sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari, kemajuan teknologi memberi banyak kemudahan dalam hidup, sehingga menjadikan hal tersebut sebagai peluang bisnis.

Dalam kurun waktu 5 tahun ke depan, generasi milenial di prediksi menjadi penentu arah perekonomian negara dan dukungan pemerintah sangat berarti bagi mereka.

Keberadaan unicorn unicorn karya anak bangsa menunjukkan Indonesia sudah cocok mengembangkan industri 4.0,tetapi ada beberapa tantangan kesiapan infrastruktur penunjang seperti fisik, kelembagaan, regulasi dan kesiapan human capital.

Para Milenial harus mampu mengikuti perkembangan ekosistem digital, dan pemerintah pun harus ikut andil dalam mendorong ekonomi digital, dengan mendukung usaha mikro dan menengah dengan membuat platform e commerce dan program e smart untuk industri kecil dan menengah agar dapat menembus pasar ekspor melalui platform digital.

Banyak potensi potensi daerah yang belum di maksimalkan, seperti daerah Talaud,Sulawesi Utara, itu banyak ikan salmon besar yang bisa di kembangkan, mari kita kembangkan potensi daerah, tutup Hillary.

Rosarita Niken Widiastuti selaku Sekjen KemKominfo mengatakan, Gerakan nasional 1000 start up digital di tujukan untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020 dengan mencetak 1000 startup yang menjadi solusi atas dasar berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital dengan menyiapkan ekosistem yang baik dalam mengembangkan teknopreuner Indonesia agar siap bersaing di pasar Internasional serta meningkatkan transaksi e Commerce di Indonesia agar menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asean.

Penggunaan media bagi Pebisnis harus membuat tujuan pemasaran digital yang hendak dicapai selain tentunya penjualan, agar dapat menentukan strategi dan platform pemasaran digital yang tepat untuk mencapai tujuan,”.tutupnya .

Narasumber terakhir
Lathifa Al Anshori, MA selaku Tenaga Ahli Menteri Kominfo, dalam paparan nya beliau memberikan tips 9 cara jadi pengusaha sukses di usia muda ,berikut langkah langkahnya :
1.Belajar Pajak, hak dan kewajiban nya
2.Fokus pada target, miliki visi dan mimpi yang ingin kamu capai, meskipun itu gila itu hakmu sendiri untuk bermimpi
3.Tulis target jangka pendek, menengah dan panjang agar bisa terukur
4.Pelajari Manajemen keuangan dasar, terutama Akuntansi dan investasi
5.Gigih dan Sabar
6.Update dengan tren kekinian
Go Digital, jawab kebutuhan konsumen, ikuti kebijakan pemerintah
7.Rajin berkomunikasi
The power of jempol
Berbicara dengan baik
8.Manajemen waktu
Pisahkan waktu kerja dan personal, atur skala prioritas
9.Jangan lupa sedekah
Memberi dapat memperluas pintu rezeki

Dan pastikan usaha nya terdaftar, bisa dengan mengurus dokumen sendiri ke PTSP dan OSS yang di siapkan pemerintah.

Bonus tips , bila kita bisnis dengan keluarga, ketika bekerja hormati keluarga sesuai jabatan di perusahaan, karena bisnis keluarga ini gampang gampang susah, tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *