Yuddy Chrisnandi Di Berikan Gelar “Profesor Kehormatan” Oleh Zhytomyr National Agroecological University

ZONAINDONESIA.ID, UKRAINA- Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Indonesia untuk Ukraina, Georgia dan Armenia, Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi, SH, SE, ME, pada Kamis 24 September 2020, dianugerahi gelar “Profesor Kehormatan” (Diploma of Honorary Professor) oleh Zhytomyr National Agroecological University.

Penganugerahan profesor kehormatan itu dilaksanakan di hadapan sekitar 100 civitas akademika universitas ternama tersebut dalam satu upacara yang dipimpin langsung Rektor Prof. Oleg Skydan Vasylyovych. Selain pimpinan universitas, dalam kesempatan tersebut hadir pula dekan seluruh fakultas, staf pengajar dan beberapa anggota Parlemen Ukraina (Verkhovna Rada).

Dalam sambutannya, Rektor Profesor Oleg Skydan mengatakan, penganugerahan Diploma of Honorary Professor itu dilakukan setelah mempelajari rekam jejak perjalanan karir akademik, pemikiran, karya dan kontribusi Yuddy Chrisnandi di dunia akademis. Itu pun dilakukan setelah melewati sidang academic council universitas tersebut.

Dubes Indonesia untuk Ukraina, Armenia dan Georgia, Yuddy Chrisnandi, memberikan pidato saat dianugerahi gelar profesor kehormatan oleh Zhytomyr National Agroecological University
Momen penganugerahan guru besar (profesor) merupakan pengalaman kedua kali bagi Yuddy. Pengalaman pertamanya dikukuhkan sebagai guru besar, adalah saat pengukuhannya sebagai Guru Besar Bidang Pembangunan Ekonomi Industri dan Kebijakan Publik dalam Sidang Majelis Guru Besar Universitas Nasional pada 23 Mei 2015.

Saat dikukuhkan sebagai guru besar tersebut, Yuddy tercatat sebagai guru besar termuda universitas tersebut, yakni dalam usia 47 tahun.

Dubes Yuddy mengaku dirinya tidak menyangka akan dianugerahi kehormatan sebagai profesor kehormatan Zhytomyr National Agroecological University. “Saya terkejut dan bersyukur atas penghargaan yang sangat tinggi ini. Saya tidak pernah merencanakan, dan pihak universitas pun tidak pernah membicarakan secara khusus mengenai hal ini sebelumnya kepada saya. Ini semata-mata inisiatif mereka dan saya mengucapkan terima kasih atas penghargaan tersebut,”kata Yuddy.

Dalam kesempatan tersebut Dubes Yuddy juga berharap, ke depan kerja sama lembaga pendidikan tinggi di Indonesia dan Ukraina, dapat lebih terjalin erat dan kokoh. Sebagai universitas ternama di Ukraina yang studi unggulannya pada bidang agroekologi dan forestry (kehutanan), sekalipun juga terdapat fakultas-fakultas lain seperti finance, economics and management, Yuddy berharap akan ada jalinan kerja sama yang kuat antara Zhytomyr National Agroecological University dengan universitas sejenis di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *